MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP


Rochmad Maulana Nurudin, 4201411140 (2018) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411140.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam belajar fisika, kemampuan pemahaman konsep merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan belajar. Motivasi belajar siswa sangat berpengaruh terhadap ketercapaian pemahaman konsep siswa, tanpa adanya motivasi kegiatan belajar-mengajar sulit untuk berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan konsep siswa serta mengetahui hubungan motivasi belajar dengan penguasaan konsep melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan Pictorial Riddle pada kelas VII SMP. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design dan teknik yang digunakan yaitu random sampling. Uji statistika yang digunakan meliputi uji normalitas, uji gain ternormalisasi, uji signifikansi, uji korelasi. Hasil uji N-gain pada motivasi belajar diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,36 pada pemahaman konsep diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,42. Pada motivasi belajar hasil uji-t thitung (11,74) > ttabel (1,65) dan pada penguasaan konsep hasil uji-t thitung (15,39) > ttabel (1,65). Hasil uji korelasi r sebesar 0,73. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata motivasi belajar dan penguasaan konsep yang signifikan serta terdapat hubungan positip antara motivasi dan penguasaan konsep dengan kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode Pictorial Riddle dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pictorial riddle, motivasi belajar, penguasaan konsep.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jun 2020 18:49
Last Modified: 18 Jun 2020 18:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36919

Actions (login required)

View Item View Item