PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP


Bambang Sutipnyo, 4201411115 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411115.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat dibutuhkan agar hasil belajar dapat optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS. Model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan langkah-langkah model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS dapat melatih siswa pada setiap indikator motivasi belajar. Indikator motivasi belajar yang digunakan yaitu tekun menghadapi tugas, menunjukan minat terhadap bermacam-macam masalah, lebih senang bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, serta senang mencari dan memecahkan masalah. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Kawunganten, Kabupaten Cilacap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes yang digunakan yaitu tes tertulis untuk memperoleh hasil belajar kognitif siswa. Metode non tes yang digunakan yaitu angket. Angket digunakan untuk memperoleh skor motivasi belajar siswa. Angket dan tes diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) adanya perlakuan. Peningkatan rata-rata motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian ini menyatakan peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa berkriteria sedang dengan nilai gain sebesar 0,5. Sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif siswa, yaitu berkriteria sedang dengan nilai gain sebesar 0,70. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NHT, SETS, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > Educational Institutions
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jun 2020 18:39
Last Modified: 18 Jun 2020 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36918

Actions (login required)

View Item View Item