Pengembangan Bahan Ajar E-learning Konsep Metabolisme di SMP 1 Margoyoso Pati


Farida Agustina , 4401406002 (2011) Pengembangan Bahan Ajar E-learning Konsep Metabolisme di SMP 1 Margoyoso Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar E-learning Konsep Metabolisme di SMP 1 Margoyoso Pati]
Preview
PDF (Pengembangan Bahan Ajar E-learning Konsep Metabolisme di SMP 1 Margoyoso Pati) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar berperan penting dalam membantu siswa mencapai SK dan KD yang telah ditentukan. Buku paket dan LKS yang digunakan di SMP 1 Margoyoso Pati belum sesuai dengan tuntutan kurikulum terutama pada konsep Metabolisme karena hanya menyajikan materi pengambilan zat-zat oleh tumbuhan dari lingkungan dan fotosintesis saja, sedangkan materi respirasi tumbuhan tidak disajikan. Penelitian bertujuan mengetahui apakah bahan ajar e-learning konsep Metabolisme yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan oleh KTSP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 1 Trangkil Pati (uji coba lapangan awal) dan SMP 1 Margoyoso Pati (uji pelaksanaan lapangan) pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Rancangan penelitian menggunakan desain Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Data yang diambil berupa kelayakan bahan ajar yaitu penilaian oleh pakar (validator) dengan menggunakan instrumen penilaian buku teks Biologi SMP/MTs dari BSNP, tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan bahan ajar, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam diskusi. Kemudian data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,88% (kriteria sangat baik) validator menyatakan bahan ajar e-learning konsep Metabolisme layak digunakan. Keaktifan siswa dalam diskusi pada uji coba lapangan awal dan uji pelaksanaan lapangan sangat tinggi. Hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar e-learning konsep Metabolisme dalam pembelajaran menunjukkan ketuntasan klasikal 88,8% pada uji coba lapangan awal dan 94,5% pada uji pelaksanaan lapangan. Tanggapan guru dan siswa terhadap bahan ajar pada uji coba lapangan awal dan uji pelaksanaan lapangan juga sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-learning konsep Metabolisme yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam mencapai SK dan KD yang telah ditetapkan oleh KTSP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, e-learning, konsep metabolisme.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2011 07:57
Last Modified: 25 Apr 2015 05:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item