Peran Student Engagement dlm Meningkatkan Pemahaman Konsep Akuntansi Siswa SMK Negeri 2 Pekalongan


Dian Suci Husnul Khotimah, - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan Peran Student Engagement dlm Meningkatkan Pemahaman Konsep Akuntansi Siswa SMK Negeri 2 Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 7 (3). pp. 924-937. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Peran_Student_Engagement_dlm_Meningkatkan_Pemahaman_Konsep_Akuntansi_Siswa_SMK_Negeri_2_Pekalongan.pdf]
Preview
PDF
Download (702kB) | Preview
[thumbnail of Peran Student Engagement dlm Meningkatkan Pemahaman Konsep Akuntansi Siswa SMK Negeri 2 Pekalongan]
Preview
PDF (Peran Student Engagement dlm Meningkatkan Pemahaman Konsep Akuntansi Siswa SMK Negeri 2 Pekalongan) - Published Version
Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran student engagement dalam meningkatkan pemahaman konsep akuntansi siswa di SMK Negeri 2 Pekalongan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI paket keahlian akuntansi yang berjumlah 100 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, pearson correlation, canonical correlation, analisis regresi uji parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor student engagement berkorelasi signifikan dengan faktor pemahaman konsep akuntansi. Hasil analisis canonical correlation menunjukkan bahwa kovariat pemahaman konsep berkorelasi signifikan dengan canonical variablesHasil regresi uji parsialmenunjukkan AC berkorelasi dengan seluruh dependent factors kecuali dengan EXPL. ACL berkorelasi dengan seluruh dependent factors kecuali dengan INF. SSI berpengaruh dengan seluruh dependent factors serta EEE dan SLE tidak memiliki pengaruh dengan seluruh dependent factors. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa AC, ACL, SSI, EEE dan SLE secara berturut-turut berpengaruh signifikan terhadap dependent factors.Saran yang dapat diberikan adalah sekolah perlu meningkatkan tantangan akademik yang dapat merangsang keaktifan siswa dengan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa untuk dapat mencapai pemahaman konsep akuntansi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Engagement; Understanding of Concepts; Understanding of Accounting Concepts
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Jun 2020 14:52
Last Modified: 18 Jun 2020 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36904

Actions (login required)

View Item View Item