RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DJARKOM ( DASAR JARINGAN KOMPUTER ) MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID


Bagas Miftakhul Fauzi , 5302412124 (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DJARKOM ( DASAR JARINGAN KOMPUTER ) MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DJARKOM ( DASAR JARINGAN KOMPUTER ) MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN APLIKASI GAME DJARKOM ( DASAR JARINGAN KOMPUTER ) MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi setiap tahun semakin pesat, mendorong masyarakat baik perorangan maupun kelompok, dan sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, begitu pula dengan perkembangan game. Pada kehidupan sehari hari, game merupakan suatu bentuk revolusi pendidikan. Namun pada kenyataanya hal tersebut tidak muncul dengan baik, karena dampak negatifnya lebih menonjol, akan tetapi di Indonesia sudah banyak game edukasi dibuat dan cukup sukses. Apabila melihat lebih jauh, maka game juga sangat menarik jika digunakan dalam proses belajar mengajar ataupun media pembelajaran, apalagi game tersebut terdapat intregrasi antar benda dalam tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media game pembelajaran dasar jaringan komputer menggunakan unity 3D serta mengetahui kualitas perangkat lunak yang dikembangkan berdasrkan standar ISO 9126 dengan menggunakan aspek pengujian functionality, usability, efficiency, dan probability. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana pengembangan penelitian menggunakan metode waterfall model-v. Data kualitatif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli sedangkan data kuantitatif berupa saran-saran dari hasil angket yang diuji oleh ahli media, ahli materi, dan responden. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa aplikasi game dasar pembelajaran berbasis simulasi digital 3D yang berisi materi pengenalan jaringan komputer dan protokol jaringan komputer. Kelebihan utama dari game ini ditampilkan komponen-komponen jaringan komputer berupa obyek 3D yang menyerupai keadaan sebenarnya. Pengujian aplikasi meliputi uji blackbox dan uji kelayakan game pembelajaran. Vaidasi dilakukan oleh dua ahli media dan satu ahli materi, kemudian dilakukan uji coba responden kepada 20 siswa. Hasil analisis kelayakan media menunjukan penilaian dari ahli media 92.25%, ahli materi 95% dan responden 82,93%, sehingga game dasar jaringan komputer menggunakan unity 3D dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran tambahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa game ini layak digunakan berdasarkan hasil pengujian media dan layak digunakan oleh pengguna sebagai pendukung pembelajaran materi perangkat jaringan komputer dan protokol pengalamatan jaringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unity 3D, game pembelajaran, android, jaringan komputer
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jun 2020 14:20
Last Modified: 18 Jun 2020 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36886

Actions (login required)

View Item View Item