Determinan Asimetri Informasi di Seputar Pengumuman Laporan Keuangan Tahunan


Nur Afridah , - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan (2015) Determinan Asimetri Informasi di Seputar Pengumuman Laporan Keuangan Tahunan. Accounting Analysis Journal, 4 (2). pp. 1-10. ISSN 2252-6765

[thumbnail of Determinan_Asimetri_Informasi_di_Seputar_Pengumuman_Laporan_Keuangan_Tahunan.pdf]
Preview
PDF
Download (457kB) | Preview
[thumbnail of Determinan Asimetri Informasi di Seputar Pengumuman Laporan Keuangan Tahunan]
Preview
PDF (Determinan Asimetri Informasi di Seputar Pengumuman Laporan Keuangan Tahunan) - Published Version
Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh ukuran KAP, konservatisme, dividend payout ratio, kepemilikan publik, volume perdagangan (TVA), return saham, harga saham, dan asimetri informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling yang menghasilkan 53 perusahaan sampel selama tahun 2010-2013. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah path analysis dengan software AMOS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan publik, volume perdagangan, dan harga saham tidak dapat memediasi variabel ukuran KAP, konservatisme, return saham dan kebijakan dividen terhadap asimetri informasi. Kepemilikan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap asimetri informasi. Sedangkan volume perdagangan, harga saham, ukuran KAP, konservatisme, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel good corporate governance dan insider trading, menggunakan pengukuran variabel yang lain seperti Model Zhang dalam mengukur konservatisme dan dispersion in analyst forcasts (DISP) untuk mengukur variabel asimetri informasi, sehingga didapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Conservatism; Dividend Payout Ratio; Information Asymmetry; KAP Size; Public Ownership; Stock Price; and Trade Volume.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:28
Last Modified: 18 Jun 2020 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36876

Actions (login required)

View Item View Item