Determinan Kesiapan Kerja Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang


Citra Eliyani , - and Heri Yanto, Pasca Manajemen Pendidikan and St. Sunarto, - (2016) Determinan Kesiapan Kerja Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang. Journal of Economic Education, 5 (1). pp. 22-30. ISSN 2301-7341

[thumbnail of Determinan_Kesiapan_Kerja_Siswa_Smk_Kelas_XII_Kompetensi_Keahlian_Akuntansi_Di_Kota_Semarang.pdf]
Preview
PDF
Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Determinan Kesiapan Kerja Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang]
Preview
PDF (Determinan Kesiapan Kerja Siswa Smk Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang) - Published Version
Download (206kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh kompetensi siswa, pengetahuan mata diklat produktif, dukungan keluarga, pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Kompetensi keahlian akuntansi Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 200 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data adalah angket dan tes. Metode analisis data adalah teknik analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil: Kompetensi siswa tidak berpengaruh langsung terhadap kesiapan kerja, Kompetensi siswa berpengaruh tidak langsung terhadap kesiapan kerja melalui self efficacy, Pengetahuan mata diklat produktif tidak berpengaruh langsung terhadap kesiapan kerja, Pengetahuan mata diklat produktif berpengaruh positif tidak langsung terhadap kesiapan kerja melalui self efficacy, Dukungan keluarga tidak berpengaruh langsung terhadap kesiapan kerja, Dukungan keluarga berpengaruh tidak langsung terhadap kesiapan kerja melalui self efficacy, Dukungan keluarga berpengaruh tidak langsung terhadap kesiapan kerja melalui pengalaman prakerin, Pengalaman prakerin berpengaruh langsung terhadap kesiapan kerja, pengalaman prakerin berpengaruh positif tidak langsung terhadap kesiapan kerja melalui self efficacy, self efficacy berpengaruh positif langsung terhadap kesiapan kerja. Saran: Siswa hendaknya lebih meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan pengalaman dalam prakerin, Dunia usaha memberikan kesempatan siswa untuk prakerin, sekolah mengkondisikan sebagai tempat belajar yang nyaman

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Family’s Support; Internship Experience; Job Readiness; Knowledge of Productive Subject; Self efficacy; Student’s Competence.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Jun 2020 19:05
Last Modified: 17 Jun 2020 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36862

Actions (login required)

View Item View Item