PENGEMBANGAN MEDIA KIDS PUZZLE GYMNASTICS TOOL UNTUK MATERI AKTIVITAS SENAM LANTAI SEKOLAH DASAR


Muhammad Malik Yusuf , 6101414061 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KIDS PUZZLE GYMNASTICS TOOL UNTUK MATERI AKTIVITAS SENAM LANTAI SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KIDS PUZZLE GYMNASTICS TOOL UNTUK MATERI AKTIVITAS SENAM LANTAI SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KIDS PUZZLE GYMNASTICS TOOL UNTUK MATERI AKTIVITAS SENAM LANTAI SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar (SD) Islam Hidayatullah Semarang, ternyata belum sepenuhnya berjalan efektif kegiatan belajar mengajarnya dan masih banyak peserta didik yang merasa asing dan takut dengan materi senam lantai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi aktivitas senam lantai melalui media kids puzzle gymnastics tool di SD Islam Hidayatullah Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi aktivitas senam lantai melalui media kids puzzle gymnastics tool di SD Islam Hidayatullah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; (1) melakukan analisis kebutuhan dengan teknik obsevasi dan wawancara, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli menggunakan tiga ahli, (4) uji coba skala kecil (20 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (36 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner bagi siswa, serta menggunakan hasil pengamatan di lapangan dan hasil wawancara dengan guru Penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil pengembangan uji coba skala kecil diperoleh presentase 82,75% (Sangat Baik), dari hasil evaluasi ahli diperoleh persentase 84,99% (Sangat Baik). Hasil pengembangan uji coba skala besar yaitu 84,50% (Sangat Baik), hasil dari penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor uji coba skala kecil dan dari uji coba skala besar mengalami peningkatan sebesar 1,75%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka produk kids puzzle gymnastics tool ini telah memenuhi kriteria yang baik untuk digunakan. Kajian dalam pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi aktivitas senam lantai melalui media kids puzzle gymnastics tool di SD Islam Hidayatullah Semarang dapat digunakan sebagai model alternatif untuk pembelajaran senam lantai. Saran dalam pengembangan ini yaitu model pembelajaran pendidikan jasmani materi aktivitas senam lantai melalui media kids puzzle gymnastics tool sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran senam lantai untuk siswa kelas V SD Islam Hidayatullah Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Senam Lantai, Kids Puzzle Gymnastics Tool
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:44
Last Modified: 17 Jun 2020 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36858

Actions (login required)

View Item View Item