PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR LOKOMOTOR KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)


Muhamad Taufik Heriadi , 6101414057 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR LOKOMOTOR KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR LOKOMOTOR KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR LOKOMOTOR KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)) - Published Version
Download (426kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kendala yang dihadapi oleh guru di lapangan terkait proses pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar (SD), mulai dari materi buku teks guru dan siswa kurang sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ada di kurikulum pada buku sehingga materi kurang mendetail. Kurangnya model pembelajaran pada buku yang menuntut aspek pengetahuan, keterampilan dan terutama sikap, serta persepsi yang berbeda mengenai pembuatan RPP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menghasilkan produk Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Lokomotor kelas I Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan TPSR. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah : 1) pengumpulan data 2) perencanaan 3) pembuatan desain 4) uji kecil 5) revisi produk pertama 6) uji besar 7) revisi produk kedua 8) uji kelayakan 9) revisi final 10) disemasi dan implementasi. Responden penelitian siswa kelas I SD Negeri di Kota Semarang dengan jumlah uji kecil SDN Sukorejo 02 (n=24), uji besar SDN Sampangan 01 (n=28) dan, uji kelayakan SDN Srondol Kulon 02 (n=28). Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari validasi ahli permainan memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,09% dan ahli pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 94,44%, semua masuk kriteria “Baik Sekali”. Rekapitulasi hasil dari uji siswa selalu mengalami peningkatan pada aspek afektif serta kognitif & psikomotor dengan rata-rata prosentase uji kecil sebesar 66,25% masuk kategori “Cukup Baik”, uji besar sebesar 75,79% masuk kategori “Baik”, dan uji kelayakan sebesar 90% masuk kategori “Baik”. Kajian dalam penelitian ini bahwa pengembangan model pembelajaran pedidikan jasmani materi gerak dasar lokomotor kelas I sekolah dasar menggunakan pendekatan TPSR layak dan bisa digunakan. Dapat disarankan model pengembangan ini dapat digunakan di seluruh sekolah dasar dengan kondisi karakter siswa yang sama dan bisa dikembangkan dengan model yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, gerak lokomotor, metode TPSR.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:42
Last Modified: 17 Jun 2020 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36857

Actions (login required)

View Item View Item