PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KESEHATAN KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)


Rizqi Rahmadi , 6101414024 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KESEHATAN KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KESEHATAN KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI KESEHATAN KELAS I SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)) - Published Version
Download (833kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal diperoleh informasi bahwa terdapat ketidaksesuaian KD dengan kurikulum, isi materi didalam buku ajar yang masih dangkal, serta model pembelajaran yang diberikan merupakan model pembelajaran lama yaitu model ceramah yang masih berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan pembelajaran dirasa membosankan. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Kesehatan Kelas I Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan TPSR (Teahcing Personality and Social Responbility). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran penjas materi kesehatan kelas I menggunakan pendekatan TPSR di SDN Patemon 02, SDN Pakintelan 01 dan SDN Kalisegoro Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Patemon 02, SDN Pakintelan 01 dan SDN Kalisegoro. Adapun tahapan dalam penelitian pengembangan ini adalah: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) mengembangkan draft produk awal, (3) validasi ahli permainan, (4) perbaikan draft produk awal, (5) uji coba skala kecil (n=28), (6) revisi produk uji kelompok kecil, (7) uji coba lapangan (n=25), (8) revisi produk uji lapangan, (9) uji kelayakan (n=26), (9) hasil akhir berupa model pengembangan pembelajaran penjas materi kesehatan menggunakan pendekatan TPSR melalui permainan Mencari Bintang bagi siswa kelas I SDN Patemon 02, SDN Pakintelan 01 dan SDN Kalisegoro Kecamatan Gunungpati. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata presentase dari evaluasi ahli permainan 80,72% yang termasuk dalam kriteria baik dan evaluasi ahli pembelajaran 79,38% yang termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan hasil uji kelompok kecil didapat presentase 71,23%, uji lapangan didapat presentase 81,86% dan uji kelayakan didapat presentase 88,10% sehingga memenuhi kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pengembangan pembelajaran penjas materi kesehatan menggunakan pendekatan TPSR melalui permainan Mencari Bintang dapat digunakan pada siswa kelas I SDN Patemon 02, SDN Pakintelan 01 dan SDN Kalisegoro Kecamatan Gunungpati. Saran tertuju pada guru Penjas di Sekolah Dasar, bahwa pengembangan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi kesehatan dengan materi yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Materi Kesehatan, TPSR.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:29
Last Modified: 17 Jun 2020 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36853

Actions (login required)

View Item View Item