PERAN GURU DALAM MEMODIFIKASI KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASORKES (Studi Kasus di SMA N 3 Semarang Tahun 2018)


Moh. Wachid. Syaefudin , 6101413082 (2019) PERAN GURU DALAM MEMODIFIKASI KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASORKES (Studi Kasus di SMA N 3 Semarang Tahun 2018). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN GURU DALAM MEMODIFIKASI KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASORKES (Studi Kasus di SMA N 3 Semarang Tahun 2018)]
Preview
PDF (PERAN GURU DALAM MEMODIFIKASI KETERSEDIAAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASORKES (Studi Kasus di SMA N 3 Semarang Tahun 2018)) - Published Version
Download (827kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan yang sangat penting di antaranya: memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan. Permasalahannya adalah bagaimana peran guru penjasorkes dalam memodifikasi ketersediaan sarana prasarana. Bagaimana usaha guru dalam memodifikasi ketersediaan sarana prasarana, dan Apakah modifikasi yang dibuat guru Penjasorkes efektif digunakan dalam pembelajaran penjas di SMA N 3 Semarang. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru penjasorkes dalam memodifikasi ketersediaan sarana prasarana, mengetahui usaha guru dalam memodifikasi ketersediaan sarana prasarana, dan mengetahui modifikasi yang dibuat guru penjasorkes efektif digunakan dalam pembelajaran penjasorkes di SMA N 3 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan subyek secara purposive sampling yaitu peneliti mengambil data dari guru penjasorkes kelas X dan XI di SMA N 3 Semarang berjumlah 4. Siswa kelas X yang berjumlah 32 dan kelas XI yang berjumlah 36 siswa dengan total responden 68. Instrumen dan metode penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini terdapat 3 kriteria yaitu derajat ketekunan, derajat kepercayaan, dan triangulasi data. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan konsep analisis data kualitatif, proses analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diketahui guru penjasorkes kelas X dan XI di SMA N 3 Semarang sudah membuat rancangan modifikasi sarana prasarana penjasorkes dengan pembelajaran yang lebih baik dan inovatif. Adanya modifikasi sarana prasarana penjasorkes yang di buat oleh guru kelas sangatlah efektif, efisien dalam menunjang pemahaman siswa dan mengurangi cidera yang terjadi pada siswa saat pembelajaran. Sebagian besar siswa sangat antusias saat pembelajaran penjasorkes. Sedangkan hanya sedikit siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan modifikasi sarana prasarana penjasorkes. Kesimpulan dari guru penjasorkes kelas X dan XI di SMA N 3 Semarang sudah mempunyai rancangan ide-ide kreatif, inovatif dengan modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes. Dengan adanya modifikasi sarana prasarana yang sudah dibuat guru, maka bertujuan untuk menunjang keberhasilan dan antusias siswa, serta pembelajaran penjasokres dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar dan Pembelajaran, pengertian sarana dan prasarana, peran guru dalam pembelajaran Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Jun 2020 18:07
Last Modified: 17 Jun 2020 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36843

Actions (login required)

View Item View Item