MINAT DAN MOTIVASI ANAK TERHADAP OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA KLUB SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN BREBES


SUTRISNO , 6101415002 (2019) MINAT DAN MOTIVASI ANAK TERHADAP OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA KLUB SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MINAT DAN MOTIVASI ANAK TERHADAP OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA KLUB SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (MINAT DAN MOTIVASI ANAK TERHADAP OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA KLUB SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (734kB) | Preview

Abstract

Anak-anak yang memiliki bakat dan potensi luar biasa secara alamiah belum tersentuh pembinaan secara optimal. Keterbatasan akses informasi, biaya dan perhatian sehingga potensi tersebut terkikis begitu saja oleh pertambahan usia. Diungkap oleh David L (1982 : 2) bahwa pada umur 7 - 14 tahun merupakan fase pertumbuhan gerak yang mengaitkan dengan aktivitas olahraga. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan survei. Instrument dalam penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang ada di klub Tunas Muda, Spartex, dan Pesta Sarida. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 anak. Instrument yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memperoleh informasi tentang minat dan motivasi anak terhadap olahraga sepaktakraw. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat anak secara keseluruhan terhadap klub olahraga sepak takraw tergolong ke dalam kategori sangat tinggi. Sebanyak 28 anak (56%), kategori tinggi sebanyak 14 anak (28%), kategori sedang sebanyak 8 anak (16%), kategori rendah tidak ada (0%). Sedangkan untuk motivasi anak secara keseluruhan terhadap olahraga sepaktakraw masuk ke dalam kategori tinggi. Anak yang memiliki motivasi sangat tinggi sebanyak 1 anak (2%), kategori tinggi 28 anak (56%), kategori sedang 21 anak (42%), kategori rendah tidak ada (0%). Faktor yang mempengaruhi minat dan motivasi anak dalam mengikuti olahraga sepak takraw, pada penelitian ini adalah ketertarikan, kemauan, keahlian, wawasan, dan motivasi anak yang dipengaruhi adanya kebutuhan, harapan, manfaat, serta motivasi dari orang tua. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi anak terhadap olahraga sepak takraw secara keseluruhan sangat tinggi, oleh sebab itu pencapaian dan keberhasilan klub atau organisasi tidak lepas dari peran serta anggota yang kompak dan saling percaya, akan lebih bagus jika anak-anak dan pelatih dalam klub dapat solid. Klub dan pengurus klub serta pelatih selalu menambah variasi-variasi program latihan agar anak-anak tidak mengalami kejenuhan. Serta usaha peningkatan dalam olahraga merupakan rangkaian yang saling berkaitan. Jika pembinaan meningkat, serta minat dan motivasi maka prestasi pun akan mengikuti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Olahraga,Sepaktakraw
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2020 16:43
Last Modified: 17 Jun 2020 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36829

Actions (login required)

View Item View Item