HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN POLA ASUH ORANG TUA SERTA HUBUNGAN INTERPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK JALANAN PADA JENJANG SD DI KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS


AJI SETIAWAN, 0103517084 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN POLA ASUH ORANG TUA SERTA HUBUNGAN INTERPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK JALANAN PADA JENJANG SD DI KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AJI_SETIAWAN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiawan, Aji. 2020. “Hubungan Motivasi Berprestasi dan Pola asuh orang tua serta Hubungan Interpersonal dengan Prestasi Belajar Anak Jalanan pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Tri Suminar, M.Pd. Pembimbing II Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto,S.Psi, M.A.,D.Sc.179 halaman. Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Pola asuh orang tua, Hubungan interpersonal, Prestasi belajar. Anak jalanan yang dapat meraih prestasi belajar yang baik di sekolah formal merupakan hal yang baik untuk dijadikan sebagai contoh bagi anak jalanan lainya yang memilih untuk putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikanya. Prestasi belajar tidak hanya di pengaruhi oleh faktor intelegensi yang tinggi serta sarana dan prsarana belajar yang memadai, namun dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti motivasi berprestasi, pola asuh orang tua dan hubungan interpersonal. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi cenderung lebih cepat dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dalam belajar dan anak yang memiliki pola asuh orang tua yang tepat dapat membentuk perkembangan anak dalam belajar yang lebih baik, serta hubungangan interpersonal yang terjalin dengan baik antara siswa dengan siswa yang lain dan siswa dengan guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan dapat membantu perkembangan belajar siswa ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi berganda. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 anak jalanan di kecamatan Kemranjen kabupaten Banyumas yang bersekolah formal di tiga sekolah dasar yaitu SDN 1 Pagaralang dan SDN 2 Pagaralang serta SDN 3 Pagaralang. Validitas instrumen angket dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi berganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, linieritas, multikolineritas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar anak jalanan dengan nilai koefisien korelasi 0.622. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak jalanan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.606. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara hubungan interpersonal dengan prestasi belajar anak jalanan dengan nilai koefisen korelasi sebesar 0.597. (4) Terdapat hubungan secara simultan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan pola asuh orang tua serta hubungan interpersonal dengan prestasi belajar anak jalanan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.630, keseluruhan variabel bebas dalam peneltian ini memiliki sumbangsi secara simultan dengan variabel terikat sebesar 40% sedangkan 60% lainya merupakan faktor lain di luar peneletian yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, Pola asuh orang tua, Hubungan interpersonal, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 16 Jun 2020 15:13
Last Modified: 16 Jun 2020 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36817

Actions (login required)

View Item View Item