RANCANG BANGUN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL ENKODER DAN DEKODER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR JURUSAN TAV SMK N 1 MAGELANG


Mifta Aulia Nasya, 5301415019 (2019) RANCANG BANGUN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL ENKODER DAN DEKODER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR JURUSAN TAV SMK N 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL ENKODER DAN DEKODER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR JURUSAN TAV SMK N 1 MAGELANG]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN TRAINER ELEKTRONIKA DIGITAL ENKODER DAN DEKODER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR JURUSAN TAV SMK N 1 MAGELANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran praktikum di SMK N 1 Magelang belum sepenuhnya maksimal karena peralatan yang terbatas, sehingga peniliti membuat suatu alat untuk jurusan TAV berupa Trainer Elektronika Digital Enkoder dan Dekoder dengan tujuan mengetahui kelayakan dan kemudahan penggunaan trainer. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Langkah awal merancang dan membangun trainer elektronika digital enkoder dan dekoder, kemudian trainer tersebut dipergunakan saat praktikum oleh siswa kelas X. Penelitian terfokus menguji kelayakan dan kemudahan penggunaan trainer oleh 36 responden yaitu 2 dosen, 2 guru, dan 32 siswa dengan memberikan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Hasil penelitian berupa kelayakan oleh 2 dosen dan 2 guru dengan aspek pengoperasian trainer sebesar 96,25%, aspek kerapian pengemasan media sebesar 93,75%, aspek kejelasan huruf dan gambar trainer sebesar 96,25%, aspek modul praktikum sebesar 93,57%, dan aspek jobsheet praktikum sebesar 94,17% dengan rata-rata aspek sebesar 94,60% memperoleh kategori “sangat layak”. Hasil uji kemudahan penggunaan trainer oleh 32 siswa dengan aspek kemudahan penggunaan trainer memperoleh hasil sebesar 87,81%, aspek mempermudah pemahaman siswa sebesar 90%, aspek tampilan trainer sebesar 91,88%, aspek modul praktikum sebesar 85%, dan aspek jobsheet praktikum sebesar 84,58% dengan rata-rata aspek sebesar 87,81% memperoleh kategori “sangat mudah”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Digital, R&D, Uji Kelayakan, Uji Kemudahan, Angket
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jun 2020 14:08
Last Modified: 15 Jun 2020 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36796

Actions (login required)

View Item View Item