Studi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bidang Studi Akuntansi Pada Siswa SMA Negeri I Cirebon Tahun Pelajaran 2004/2005.

Atang Abdul Fatah, 3364981487 (2005) Studi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bidang Studi Akuntansi Pada Siswa SMA Negeri I Cirebon Tahun Pelajaran 2004/2005. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Studi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bidang Studi Akuntansi Pada Siswa SMA Negeri I Cirebon Tahun Pelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (79Kb)

    Abstract

    Kesulitan belajar Akuntansi pada siswa Sekolah Menengah Atas dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal diantaranya aspek fisik, motivasi, bakat, cita-cita, kebiasaan, rasa percaya diri, minat, dan konsentrasi. Sedangkan faktor Eksternal diantaranya Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Faktorfaktor apakah penyebab kesulitan belajar bidang studi Akuntansi di SMA Negeri I Cirebon?, (2) Faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi kesulitan belajar bidang studi akuntansi di SMA Negeri I Cirebon?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar bidang studi Akuntansi SMA Negeri I Cirebon, (2) Untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap kesulitan belajar akuntansi siswa SMA Negeri I Cirebon, (3) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan, yang mempengaruhi kesulitan belajar bidang studi akuntansi siswa SMA Negeri I Cirebon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri I Cirebon yang menerima pelajaran akuntansi yang berjumlah 480. Pengambilan sampel yang berjumlah 83 siswa dilakukan dengan stratified proporsional random sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) faktor-faktor internal penyebab kesulitan belajar Akuntansi siswa SMA Negeri I Cirebon, dan (2) faktor-faktor eksternal penyebab kesulitan belajar akuntansi di SMA Negeri I Cirebon. Alat Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui angket, dokumentasi, observasi dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal penyebab kesulitan belajar akuntansi meliputi kondisi fisik dengan skor 70%, motivasi dengan skor 88 %, bakat dengan skor 63 %, cita-cita dengan skor 63 %, kebiasaan dengan skor 70 %, rasa percaya diri dengan skor 74 %, minat dengan skor 58 % dan konsentrasi dengan skor 55 %. Sedangkan faktor-faktor eksternal penyebab kesulitan belajar akuntansi meliputi aspek lingkungan keluarga dengan skor 62 %, lingkungan sekolah dengan skor 67 % dan lingkungan masyarakat dengan skor 95 %. Faktor dominan penyebab kesulitan belajar akuntansi di SMA Negeri I Cirebon yaitu faktor motivasi untuk internal siswa sebesar 88% dan faktor lingkungan masyarakat untuk eksternal siswa sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa SMA Negeri I Cirebon disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputu : fisik, motivasi, bakat, cita-cita, kebiasaan, rasa percaya diri, minat, dan konsentrasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi : lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa dan guru. Para siswa diharapkan dapat mencermati faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar akuntansi yang mereka alami selama ini, terutama faktor rendahnya motivasi untuk belajar akuntansi. Demikian juga dengan pihak guru bahwa selama ini prestasi belajar yang tidak sesuai dengan target yang direncanakan ternyata dipengaruhi oleh kedua aspek tersebut sehingga harapannya guru dapat memberikan pemikiran lebih guna meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri I Cirebon agar lebih meningkat. Selain itu juga sebagai bahan masukan bagi orang tua siswa agar lebih hati-hati dalam menempatkan anak dalam aspek pergaulan di lingkungan masyarakat yang ternyata sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi belajar akuntansi di sekolahnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 23 Aug 2011 03:08
    Last Modified: 23 Aug 2011 03:08

    Actions (login required)

    View Item