RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING VOLUME DAN LAJU TETES INFUS PASIEN MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266


Alwa Fanah Shinta , 5301415004 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING VOLUME DAN LAJU TETES INFUS PASIEN MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING VOLUME DAN LAJU TETES INFUS PASIEN MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING VOLUME DAN LAJU TETES INFUS PASIEN MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian cairan infus sangat penting untuk membantu proses pemulihan kondisi pasien dalam masa penyembuhan. Saat ini monitoring infus masih dilakukan secara manual, apabila terjadi kendala seperti tetesan tersumbat atau kehabisan cairan infus dapat berdampak buruk pada pasien. Untuk mempermudah perawat dalam monitoring infus maka dirancang suatu alat monitoring infus yang dapat dilakukan jarak jauh secara realtime. Pada tiang infus dipasang sensor loadcell untuk mendeteksi volume cairan infus dalam satuan mililiter dan pada drip chamber dipasang sensor tetesan untuk mendeteksi jumlah tetesan per menit. Data hasil pembacaan sensor diproses dan dikirim oleh NodeMCU ESP8266 ke aplikasi cayenne melalui jaringan WiFi. Jumlah tetesan infus dan volume cairan infus ditampilkan pada LCD yang dan cayenne. Apabila volume cairan infus kurang dari 50 ml maka akan ada peringatan buzzer dan garis merah pada aplikasi cayenne. Hasil pengujian sensor loadcell volume setiap tetesan sebesar 0,05 ml. Hasil pengujian sensor tetesan pada pembacaan 20 tpm sebanyak 5 kali percobaan memiliki kesalahan sebesar 1,75 % dan 3,88 % dari 5 jenis data pembacaan sebanyak masing-masing 3 kali percobaan. Hasil pengujian pengiriman data ke aplikasi cayenne memiliki jeda waktu sebesar 19,6 detik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Infus, NodeMCU ESP8266, Loadcell, IR dan Photodioda, WiFi
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jun 2020 11:52
Last Modified: 15 Jun 2020 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36788

Actions (login required)

View Item View Item