SURVEI KONDISI FISIK DAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP SE-KOTA SEMARANG


Dimas Priambodo , 6101412136 (2019) SURVEI KONDISI FISIK DAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI KONDISI FISIK DAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP SE-KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (SURVEI KONDISI FISIK DAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP SE-KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada permainan sepak bola SMP se-Kota Semarang belum mendapatkan hasil yang maksimal. Prestasi dapat diraih karena adanya beberapa faktor, diantaranya faktor kondisi fisik dan teknik dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kondisi fisik dan kemampuan teknik dasar sepak bola pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP se-Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kondisi fisik dan kemampuan teknik dasar sepak bola peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP se-Kota Semarang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Lokasi Penelitian yang diambil peneliti yaitu SMP Negeri 32 Semarang, SMP Negeri 4 Semarang, SMP Negeri 14 Semarang, SMP Negeri 16 Semarang dan SMP Negeri 22 Semarang. Sasaran penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler di SMP Negeri 32 Semarang, SMP Negeri 4 Semarang, SMP Negeri 14 Semarang, SMP Negeri 16 Semarang dan SMP Negeri 22 Semarang. Instrumen Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan pedoman observasi dan serangkain tes teknik dasar, serta kondisi fisik. Analisis data penelitian ini bersifat deskriptif porsentase dari metode pengumpulan data dengan cara perhitungan statistik. Hasil penelitian ini mengenai perhitungan deskriptif persentase diketahui bahwa kondisi fisik secara keseluruhan peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP di 5 sekolah 37.0% termasuk dalam kategori baik, 56.0% termasuk dalam kategori cukup dan 7.0% termasuk dalam kategori kurang. Untuk tes kemampuan teknik dasar sepak bola diketahui bahwa 73.0% termasuk dalam kategori sedang, dan sisanya 27.0% termasuk dalam kategori cukup. Kesimpulan penelitian ini yaitu kondisi fisik dan teknik dasar peserta ekstrakurkuler SMP se-Kota Semarang termasuk dalam kategori cukup dan sedang. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu setiap kelompok peserta ekstrakurikuler sepak bola se-Kota Semarang seharusnya memiliki 2 pelatih khusus yaitu pelatih fisik dan pelatih teknik. Setiap ekstrakurikuler sepakbola seharusnya memiliki program latihan yang direncanakan frekuensi dan itensitas berjalan sebagai mana mestinya, sehingga pelatih dapat menerapkan prinsipprinsip latihan diantaranya penambahan beban, pengulangan, peningkatan, dan memiliki target.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: survei, kondisi fisik, teknik dasar sepak bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Jun 2020 14:45
Last Modified: 14 Jun 2020 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36782

Actions (login required)

View Item View Item