SURVEI PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Wisnu Agung Nugroho , 6101412080 (2019) SURVEI PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (SURVEI PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
- Published Version
Download (872kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehaatan dengan menggunakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Ambarawa masih memiliki beberapa problematika dan masalah yang dihadapkan seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan administrasi. Fokus masalah pada penelitian ini yaitu problematika pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan problematika pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Ambarawa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sempel penelitian ini kepala sekolah, guru PJOK, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan metode tehnik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data menggunakan Triangulasi data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan perencanaan dalam pembelajaran SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran mulai terlihat proses saintifiknya, mulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar/menganalisa dan mengomunikasikan, namun pembelajaran masih menemui kendala pada tahap presentasi, karena masih banyak siswa yang belum berani dalam menyampaikan pendapat. Kolom penilaian juga sudah dibuat sesuai aturan mulai dari penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Simpulan penelitian dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Ambarawa Kabupaten Semarang cukup baik, namun masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, terutama pada keaktifan siswa dalam proses tanya jawab dan menyampaikan pendapat. Saran pada penelitian ini yaitu sarana dan prasarana olahraga yang belum ada atau belum lengkap sebaiknya dilengkapi dan difusingkan agar pembelajaran berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Penjasorkes, Evaluasi |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 14 Jun 2020 14:26 |
Last Modified: | 14 Jun 2020 14:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36776 |
Actions (login required)
View Item |