Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP


Nasrul Ulum , 5302414071 (2019) Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP]
Preview
PDF (Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP) - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bidang studi yang memegang peranan penting dalam perkembangan sains dan teknologi karena pada dasarnya IPA merupakan sarana untuk menumbuh kembangkan cara berpikir logis yang sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada alam sekitar. Namun, proses pembelajaran IPA di kelas yang dirasa masih monoton, yang menyebabkan siswa kurang antusias dan pasif dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media atau alat pembelajaran yang lebih menarik untuk memotivasi para siswa agar lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat dan mengetahui kelayakan dari aplikasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan desan penelitian Waterfall. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti meliputi, (a) analisis kebutuhan; (b) desain sistem; (c) implementasi; (d) pengujian; (e) pemeliharaan. Pengujian dilakukan kepada para ahli media, ahli materi dan respon siswa siswi Kelas VIII D SMP 2 MEJOBO. Hasil dari penelitian ini berupa Media Pembelajaran Interaktif yang berisikan Materi tentang Sistem Peredaran Darah Manusia. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh validator media menunjukan bahwa aplikasi mendapatkan penilaian sebesar 86,667% dari ahli media, 90% dari ahli materi dan respon siswa sebesar 81,197%. Hal ini menunjukkan bahwa media layak sebagai media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia. Media dapat dikembangkan dengan menambahkan lebih banyak lagi animasi, audio, dan video di dalam media pembelajaran interaktif agar lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Waterfall, Sistem Peredaran Darah Manusia.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jun 2020 16:13
Last Modified: 12 Jun 2020 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36766

Actions (login required)

View Item View Item