IMPLEMENTASI SENSOR SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM LOKAL BERBASIS WEB SERVER


Aji Agusdika, 5301414067 (2019) IMPLEMENTASI SENSOR SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM LOKAL BERBASIS WEB SERVER. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SENSOR SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM LOKAL BERBASIS WEB SERVER]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI SENSOR SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM LOKAL BERBASIS WEB SERVER) - Published Version
Download (821kB) | Preview

Abstract

Budidaya penetasan telur bagi peternak ayam masih menggunakan cara konvensional atau masih menggunakan indukan ayam yang dimana volume atau banyaknya telur yang ditetaskan masih sedikit, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan mesin penetas telur. Mesin penetas telur merupakan mesin penetasan yang mempunyai prinsip kerja seperti pada induk ayam pada saat mengerami telur dengan mengatur suhu dan kelembaban penetasan, suhu dan kelembaban penetasan diatur stabil pada suhu 37-39 oC dan kelembaban 55-60%. Mesin penetas telur yang ada saat ini kurang dalam melakukan monitoring keadaan inkubator, dilakukan hanya dengan mengecek atau melihat alat ukur yang ada pada inkubator. Pada permasalahan tersebut dibuat alat penetas telur yang selain mampu mengatur suhu dan kelembaban sesuai syarat juga dapat dilakukan monitoring keadaan di web server untuk mempermudah monitoring suhu dan kelembaban inkubator secara berkala atau realtime tanpa harus melihat keadaan pada inkubator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Rekayasa (Engineering). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa inkubator penetas telur berbasis web server mampu membantu telur ayam menetas dengan tingkat kegagalan penelitian sebesar 20% dalam proses penetasan telur ayam lokal dan dapat melakukan monitoring keadaan inkubator secara realtime tanpa melihat inkubator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkubator, web server, realtime
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2020 13:50
Last Modified: 11 Jun 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36709

Actions (login required)

View Item View Item