RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY INDUKTIF BERBASIS ATMEGA 328


Ervan Pradipta Setiyawan , 5301414058 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY INDUKTIF BERBASIS ATMEGA 328. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY INDUKTIF BERBASIS ATMEGA 328]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY INDUKTIF BERBASIS ATMEGA 328) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Palang pintu kereta api merupakan pengaman yang digunakan untuk mengamankan perjalanan kereta api yang melintas. Seringkali kecelakaan terjadi pada titik perpotongan kereta api, dikarenakan kelalaian petugas maupun etika buruk dari pengguna transportasi darat lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan palang pintu kereta api otomatis sebagai sistem keamanan pada palang pintu kereta api. Palang pintu kereta api otomatis dibuat menggunakan satu paket tiruan kereta api sebagai bentuk prototipe, mikrokontroler ATmega328, sensor proximity induktif, dan motor servo DC. Hasil dari alat ini berupa prototipe palang pintu kereta api dengan sistem buka tutup palang pintu dengan mendeteksi kereta api dari dua arah dan pengukuran kecepatan kereta api. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, untuk mengetahui hasil deteksi kereta api dilakukan dengan teknik observasi, sedangkan pada pengukuran kecepatan kereta yang diperoleh dari sistem akan dibandingkan dengan pengukuran kecepatan secara manual. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan prototipe palang pintu kereta api otomatis dapat mendeteksi keberadaan kereta api logam yang melintas dari dua arah. Sistem dapat bekerja sesuai sistem keamanan yang telah diprogram serta dapat menampilkan pengukuran kecepatan kereta api, namun terdapat selisih pengukuran kecepatan sistem otomatis terhadap pengukuran kecepatan sistem manual yang dilakukan peneliti, selisih rata rata sebanyak 0,713 cm/s. Selisih tersebut dikarenakan pada pengujian secara teori pengambilan data waktu secara manual dengan menggunakan stopwatch berbeda dengan waktu yang diperoleh oleh sistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: palang pintu kereta, sensor proximity induktif, arduino uno
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2020 12:11
Last Modified: 11 Jun 2020 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36705

Actions (login required)

View Item View Item