PEMANFAATAN BLUETOOTH ANDROID SEBAGAI PENGENDALI PENGAMAN TAMBAHAN PADA SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR


Supriyadi , 5301414033 (2019) PEMANFAATAN BLUETOOTH ANDROID SEBAGAI PENGENDALI PENGAMAN TAMBAHAN PADA SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMANFAATAN BLUETOOTH ANDROID SEBAGAI PENGENDALI PENGAMAN TAMBAHAN PADA SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR]
Preview
PDF (PEMANFAATAN BLUETOOTH ANDROID SEBAGAI PENGENDALI PENGAMAN TAMBAHAN PADA SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR) - Published Version
Download (941kB) | Preview

Abstract

Sarana transportasi di Indonesia didominasi sepeda motor yang mencapai 105,2 juta unit pada 2016. Tingginya jumlah kendaraan berbanding lurus dengan kasus kriminal yang terjadi, pada akhir tahun 2016 tercatat 118.425 kasus dengan berbagai modus. Salah satu penyebab terjadinya kejahatan yakni minimnya pengaman pada sepeda motor. Pengaman bawaan pabrik dan gembok masih dapat dibobol dengan kunci T atau bahan kimia. Peningkatan sistem keamanan sepeda motor dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth yang terdapat pada smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat pengaman sepeda motor yang dapat membuka dan mengunci, mengaktifkan alarm secara nirkabel melalui koneksi bluetooth. Metode Rekayasa (Engineering) digunakan sebagai dasar penelitian dengan tahapan perencanaan, perancangan, pembangunan dan penerapan. Pengujian blackbox, pengujian kinerja alat, dan pengujian jarak komunikasi dilakukan untuk mendapatkan data hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi untuk smartphone, dan hardware pengaman yang dipasang pada sepeda motor. Pengujian blackbox menunjukkan aplikasi dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi android dengan baik. Perintah yang dikirim aplikasi berhasil dijalankan sesuai harapan. Jarak maksimal pengiriman data yaitu 17 meter saat terhalang tembok dan 33 meter pada ruang terbuka. Fitur alarm menggunakan sensor getar yang terpasang pada stang dapat mendeteksi getaran dan mengirimkan sinyal ke mikrokontroller untuk membunyikan buzzer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaman, Bluetooth, Android, Sepeda Motor
Subjects: T Technology > Computer Engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2020 11:56
Last Modified: 11 Jun 2020 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item View Item