RANCANG BANGUN SMARTGROWING JAMUR TIRAM BERDASARKAN KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN BERBASIS ANDROID


Jamalga Kurniawan , 5301414030 (2019) RANCANG BANGUN SMARTGROWING JAMUR TIRAM BERDASARKAN KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SMARTGROWING JAMUR TIRAM BERDASARKAN KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SMARTGROWING JAMUR TIRAM BERDASARKAN KONTROL SUHU DAN KELEMBABAN BERBASIS ANDROID) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Budidaya Jamur tiram dengan nama latin (Pleurotus sp) di Indonesia pada umumnya dilakukan pada rumah jamur atau kumbung. Hal yang harus diperhatikan dalam budidaya jamur adalah aspek lingkungan, kumbung harus sesuai habitat asli jamur tiram diantaranya suhu dan kelembaban. Pada umumnya suhu yang optimal untuk pertumbuhan jamur tiram, dibedakan dalam dua fase yaitu fase pembentukan miselia yang memerlukan suhu udara berkisar antara 24 - 29 °C dengan kelembaban 90 - 100 % dan fase pembentukan tubuh buah memerlukan suhu udara antara 21 - 28 °C dengan kelembaban 90 – 95 %. Namun menstabilkan suhu dan kelembaban tidaklah mudah karena cuaca yang berubah-ubah, selama ini petani hanya melakukan penyiraman pada kumbung secara manual tanpa adanya parameter kapan tidaknya penyemprotan. Akibatnya petani sering mengalami panen yang kurang optimal kadang gagal panen karena kondisi kumbung terlalu lembab atau kering. Oleh karena itu perlu adanya alternatif solusi untuk menangani masalah tersebut, Maka dari itu penelitian ini bertujuan merancang dan membangun Pengendalian suhu dan kelembaban berbasis android sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan hasil panen dan efisiensi kinerja petani. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu sebagai pengembangan yang sudah ada dan menguji produk tersebut. Pengujian ini meliputi pengujian komponen, fungsi rancang bangun keseluruhan, Hasil penggunaan alat . Hasil penelitian bahwa jarak konektivitas bluetooth HC-05 maksimal jarak 10 meter dalam kondisi terhalang maupun tidak terhalang, selisih pembacaan sensor DHT11 dengan HTC2 suhu 0,6 °C dan kelembaban 24,7%, kinerja aplikasi SmartGrowing secara manual berfungsi dan secara otomatis berfungsi bisa menstabilkan suhu 21-28°C dan kelembaban 80-95%, dan pertumbuhan jamur tiram menggunakan alat SmartGrowing tumbuh lebih cepat selama 37 hari dan mempunyai berat 312,4 gram. Berdasarkan uji kelayakan rancang bangun ini layak diimplementasikan sebagai sistem yang murah, efektif, dan efisien untuk meningkatkan hasil panen dengan persentase kelayakan 85,8% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontrol suhu dan kelembaban, rancang bangun, android, kontrol berbasis android
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2020 11:46
Last Modified: 11 Jun 2020 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36700

Actions (login required)

View Item View Item