PERANCANGAN DAN REALISASI TRAINER DASAR DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG


Sri Wuryanti, 5301414014 (2019) PERANCANGAN DAN REALISASI TRAINER DASAR DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN DAN REALISASI TRAINER DASAR DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN REALISASI TRAINER DASAR DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG) - Published Version
Download (945kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan alat sebagai media penunjang mata pelajaran Elektronika Dasar di Jurusan Teknik Audio Video SMK Islam Al-Hikmah Mayong belum semua terpenuhi, salah satunya adalah Trainer Dasar Digital. Atas dugaan tersebut perlu adanya perancangan media pembelajaran berupa Trainer Dasar Digital. Penelitian ini bertujuan untuk merealisasikan dan mengetahui kelayakan Trainer Dasar Digital yang digunakan untuk media pembelajaran elektronika dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Jadi yang dilakukan adalah merencanakan dan membuat Trainer Dasar Digital, kemudian diberikan kepada siswa untuk menunjang pembelajaran supaya siswa dapat memiliki pengetahuan baru tentang dasar digital. Pada penelitian ini hanya menguji kelayakan dan uji coba Trainer Dasar Digital dengan memberikan angket ke 35 responden yang terdiri dari 2 dosen, 2 guru, dan 31 siswa Jurusan Teknik Audio Video dan tidak melihat aspek statistik secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan Trainer Dasar Digital kepada 31 siswa diperoleh dari kelima aspek yang dinilai yaitu aspek desain dan unjuk kerja trainer sebesar 89,03%, aspek teknis sebesar 75,2%, aspek kemanfaatan sebesar 84,68%, aspek isi panduan praktikum sebesar 76,21%, aspek desain pembelajaran 82,74%. Sehingga nilai uji kelayakan oleh siswa diperoleh rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 81,57% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan uji validasi ahli oleh 2 guru dan 2 dosen diperoleh sebesar 85,62% untuk Trainer Dasar Digital dan 81,44% untuk Panduan Praktikum dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Media Pembelajaran, Kelayakan, Angket
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2020 11:37
Last Modified: 11 Jun 2020 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36698

Actions (login required)

View Item View Item