PENGARUH ATRIBUT PERSONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2015


Khoirun Nisa , 7101415320 (2019) PENGARUH ATRIBUT PERSONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2015. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH ATRIBUT PERSONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2015]
Preview
PDF (PENGARUH ATRIBUT PERSONAL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2015) - Published Version
Download (584kB) | Preview

Abstract

Minat Berwirausaha merupakan rasa ketertarikan seseorang terhadap kegiatan wirausaha dan ketersediaan untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan usahanya. Berdasarkan hasil observasi awal minat berwirausaha mahasiswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut personal, Lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES 2015. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES 2015 sebanyak 902 mahasiswa dan sampel sebanyak 90 mahasiswa setelah diolah dengan rumus Slovin dengan standar error 10%. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut personal, lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES 2015 sebesar 55,6%. Secara parsial atribut personal berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 7,24%. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 4,93%. Pengetahuan kewiraushaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 24,01%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa atribut personal, lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan jiwa berwirausaha dengan mengikuti pelatihan tentang berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, atribut personal, lingkungan Keluarga, pengetahuan kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Jun 2020 14:23
Last Modified: 10 Jun 2020 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36685

Actions (login required)

View Item View Item