PENGARUH MOTIVASI KERJA, TATA RUANG KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Bagian Shared Services Department PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang)


Almira Fadhila , 7101415306 (2019) PENGARUH MOTIVASI KERJA, TATA RUANG KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Bagian Shared Services Department PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI KERJA, TATA RUANG KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Bagian Shared Services Department PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA, TATA RUANG KANTOR, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Bagian Shared Services Department PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang)) - Published Version
Download (750kB) | Preview

Abstract

Sebagai perusahaan di bidang penerbangan khususnya bagian Shared Service Department (SSD) PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani yang mengelola transportasi udara bagi masyarakat skala internasional, PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan. Berdasarkan observasi awal dengan bagian Shared Service Department (SSD) PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang masih ditemukan masalah mengenai kinerja pegawai. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, tata ruang kantor, kompetensi pegawai, dan komunikasi internal terhadap kinerja pegawai” (studi kasus pada bagian shared service depatment PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah 35 pegawai bagian Shared Service Depatment PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi yang melibatkan semua pegawai. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode analisis data penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS 16.0 for windows. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi : Y = -33,545 + 0,493 X1 + 0,222 X2 + 0,352 X3+ 0,836 X4 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja, kompetensi pegawai dan komunikasi internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Namun, tata ruang kantor tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Serta pada uji simultan semua variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja pegawai Shared Services Department PT.Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dapat dicapai dengan meningkatkan motivasi kerja, kompetensi pegawai dan komunikasi internal pegawainya. Saran dari penelitian ini adalah (1) Perlu diadakannya evaluasi kerja rutin setiap bulan secara teratur kepada semua pegawai; (2) penyusunan tata ruang kantor dengan desain baik sehingga memudahkan pegawai dalam melakukan aktifitas saat berada di dalam ruangan; (3) Pemanfaatan waktu secara efektif dan efisien dalam meningkatkan kinerja pegawai; (4) Keterbukaan ditingkatkan melalui kegiatan familly gathering.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Tata Ruang Kantor, Kompetensi Pegawai, Komunikasi Internal, Kinerja Pegawai.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Jun 2020 14:15
Last Modified: 10 Jun 2020 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36681

Actions (login required)

View Item View Item