Pendekatan Kebudayaan Dalam Penelitian Pendidikan Seni


Triyanto, Seni Rupa FBS (2018) Pendekatan Kebudayaan Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, 12 (1). pp. 65-76. ISSN 2549-6697

[thumbnail of PDF_PENDEKATAN_KEBUDAYAAN_DALAM_PENELITIAN_PENDIDIKAN_SENI.pdf]
Preview
PDF
Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Pendekatan Kebudayaan Dalam Penelitian Pendidikan Seni]
Preview
PDF (Pendekatan Kebudayaan Dalam Penelitian Pendidikan Seni) - Published Version
Download (995kB) | Preview

Abstract

Pendidikan seni dalam konteks penelitian adalah objek material yang menjadi sasaran kajian untuk memecahkan permasalahan yang secara ontologis muncul dalam pandangan peneliti atau yang dimunculkan oleh peneliti. Sebagai persoalan kebudayaan, maka secara epistemologis penelitian terhadapnya sangat tepat bila menggunakan pendekatan kebudayaan. Implikasi metodologis pendekatan kebudayaan dalam penelitian pendidikan seni ini secara operasional dapat dikembangkan dalam bentuk desain metode kualitatif yang bersifat etnografis-fenomenologis. Penggunaan pendekatan kebudayaan ini secara aksiologis, memberikan mafaat dapat diperolehnya sistem penjelasan holistik yang dapat digunakan sebagai media solusi dalam memecahkan masalah yang dikaji. Berdasarkan manfaat ini, dalam melakukan penelitian pendidikan seni sebagai persoalan kebudayaan, disarankan para peneliti menggunakan pendekatan kebudayaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seni; Permasalahan; Pendekatan Kebudayaan; Metode Kualitatif
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Jun 2020 16:18
Last Modified: 09 Jun 2020 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36676

Actions (login required)

View Item View Item