FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA SEMARANG


Destin Witari Tazaruwah , 7111415013 (2019) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekonomi berupa perpindahan barang dan jasa akan lebih efektif dan efisien dengan transportasi. Kondisi saat ini jumlah kendaraan bermotor tidak sebanding dengan tempat mobilitasnya, sehingga terjadilah kemacetan. Upaya untuk mengurangi kemacetan melalui transportasi publik berupa BRT Trans Semarang belum sesuai dengan harapan karena masih banyaknya pengguna kendaraan pribadi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam penggunaan BRT Trans Semarangdan surplusnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan metode non probability sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah keputusan penggunaan BRT Trans Semarang. Sedangkan variabel independen nya adalah waktu tempuh, aksesibilitas ke halte, kepemilikan kendaraan pribadi, dan adanya transportasi online. Selain itu variabel willingness to pay untuk menghitung surplusnya.Adapun alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aksesibilitas ke halte, kepemilikan kendaraan pribadi, dan adanya transportasi online memiliki pengaruh terhadap keputusan dalam penggunaan BRT Trans Semarang. Surplus konsumen pengguna BRT Trans Semarang dari tarif sebesar Rp 86.000. Saran yang diberikan untuk masyarakat kota semarang untuk menggunakan fasilitas publik yang telah disediakan oleh pemerintah, karena banyak manfaat yang akan diperolehnya. Bagi pemerintah sebaiknya membuat sistem yang praktis, serta untuk peneliti selanjutnya untuk menggunakan faktor lain yang mempengaruhi penggunaan BRT Trans Semarang mengingat variabel dalam penelitian ini hanya mampu mempengaruhi sebesar 34,7%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BRT Trans Semarang, Waktu Tempuh, Aksesibilitas Ke Halte, Kepemilikan Kendaraan Pribadi, Transportasi Online, Surplus Konsumen, Regresi Logistik Biner
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 14:56
Last Modified: 09 Jun 2020 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36667

Actions (login required)

View Item View Item