PENGARUH UPAH MINIMUM, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INDUSTRI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA BARAT


Ade Mulya Pratomo , 7111414076 (2019) PENGARUH UPAH MINIMUM, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INDUSTRI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA BARAT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH UPAH MINIMUM, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INDUSTRI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA BARAT]
Preview
PDF (PENGARUH UPAH MINIMUM, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INDUSTRI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA BARAT) - Published Version
Download (843kB) | Preview

Abstract

Industri berperan penting dalam pembangunan suatu negara. Pembangunan di sektor industri akan memacu dan mengangkat pembangunan sektor lain serta mampu mengurangi jumlah pengangguran di negara tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh upah minimum, pertumbuhan ekonomi, dan industri terhadap pengangguran di Provinsi Jawa Barat. Variabel moderasi industri berguna untuk mengetahui apakah dengan adanya industri akan memperkuat pengaruh antar variabel tersebut. Objek penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat periode 2013-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari BPS Provinsi Jawa Barat. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan data panel dibantu program Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan variabel upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran. Variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran. Variabel industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah pengangguran. Setelah ditambahkan dengan variabel moderasi, variabel upah minimum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran dan variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran. Saran bagi pemerintah adalah agar terus memediasi penetapan upah minimum. Pemerintah diharapkan dapat mengatur regulasi yang tepat agar peningkatan jumlah industri dapat diiringi pula dengan peningkatan kesempatan kerja. Pertumbuhan ekonomi akan lebih baik bila mampu memberikan kesempatan kerja. Meningkatnya jumlah industri akan lebih baik bila diiringi dengan peningkatan kesempatan kerja. Masyarakat dihimbau agar meningkatkan keterampilan agar memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh industri. Saran bagi penelitian berikutnya agar menggunakan variabel dengan metode perhitungan yang sama, dan menghindari masalah autokorelasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upah Minimum, Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Pengangguran dan Moderator.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 13:06
Last Modified: 09 Jun 2020 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36655

Actions (login required)

View Item View Item