ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PUTUS SEKOLAH SISWA SMK DI KOTA PEKALONGAN


Triyani Lestari , 7111414059 (2018) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PUTUS SEKOLAH SISWA SMK DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PUTUS SEKOLAH SISWA SMK DI KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PUTUS SEKOLAH SISWA SMK DI KOTA PEKALONGAN) - Published Version
Download (955kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah SMK oleh pemerintah, menimbulkan masalah kenaikan jumlah anak putus sekolah. Data mengenai perkembangan putus sekolah di berbagai jenjang dalam tujuh tahun terakhir menunjukkan bahwa SMK menyumbangkan jumlah putus sekolah terbanyak. Dari 35 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Tengah, Kota Pekalongan memiliki jumlah putus sekolah terbanyak setiap sekolahnya, yaitu sekitar 15 siswa setiap sekolahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kemungkinan siswa putus sekolah SMK di Kota Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 mantan siswa SMK Kota Pekalongan. Data diperoleh dari angket dengan teknik yang digunakan yaitu convience sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat analisis logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi, jumlah saudara, membantu orangtua, masalah dengan teman, serta hukuman berpengaruh signifikan untuk meningkatkan probabilitas terhadap keputusan untuk putus sekolah. Sementara itu, variabel bantuan keuangan, menjadi satu satunya variabel yang diteliti dan berpengaruh signifikan dalam mengurangi probabilitas putus sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan serta memberikan bimbingan dan konseling secara berkala. Dari pihak keluarga sebaiknya tidak terlalu melibatkan anak untuk membantu pekerjaan orang tua. Kemudian dari pihak pemerintah yaitu melalui pengoptimalan pemberian bantuan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SMK, Anak Putus Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 13:05
Last Modified: 09 Jun 2020 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36654

Actions (login required)

View Item View Item