TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus : Desa Wisata Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang)


Adnan Abdul Safii , 7111414019 (2018) TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus : Desa Wisata Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus : Desa Wisata Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Kasus : Desa Wisata Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (859kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor stategis dalam pengembangan perekonomian nasional dan daerah. Kabupaten Semarang salah satu Destinasi Prioritas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah memiliki 35 desa wisata yang menjadi destinasi alternatif pariwisata. Desa Wisata Keseneng salah satu desa unggulan dan Destinasi Pariwisata Daerah Kabupaten Semarang memiliki potensi daya tarik wisata yang beragam. Partisipasi masyarakat memang sangat dibutuhkan karena sektor pariwisata sangatlah membutuhkan peran serta dari masyarakat. Masyarakat dituntut bukan hanya sebagai objek pembangunan pariwisata saja, namun sebagai subjek pembangunan pariwisata agar masyarakat memiliki tanggungjawab dalam pengembangan desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Keseneng, mengetahui faktor penghambat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan desa wisata, untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Desa Keseneng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat pengembangan Desa Wisata Keseneng menggunakan tangga Arnstein berada pada tahap Penentraman (Placatation). Faktor penghambat masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Keseneng yaitu kurangnya pendanaan, kualitas Sumber Daya Manusia, pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai desa wisata, serta sarana dan prasarana belum lengkap.Upaya pemerintah dalam mengatasi hambatan dengan melakukan sosialisasi kepariwisataan, memberikan pelatihan keterampilan, pembinaan desa wisata, ikut memasarkan dam mempublikasikan Desa Wisata Keseneng, serta studi banding ke desa wisata lain. Saran dari penelitian ini tingkat partisipasi harus ditingkatkan, masyarakat harus berpartisipasi aktif memberikan sumbangan tenaga, ide dan gagasan untuk pengembangan desa wisata. Pemerintah juga terus mendukung promosi, publikasi dan bantuan kepada Desa Wisata Keseneng.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan, Faktor Penghambat, Desa Wisata
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:59
Last Modified: 09 Jun 2020 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36652

Actions (login required)

View Item View Item