ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG


Kartika sari , 7111414015 (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh luas lahan, bibit, pupuk, dan tenaga kerja terhadap produksi bunga krisan di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan jumlah sampel digunakan rumus Slovin, dan diperoleh responden sejumlah 100 orang pada petani bunga krisan di Kecamtan Bandungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel luas lahan, bibit, pupuk, dan tenaga kerja secara parsial dan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi bunga krisan di Kecamtan Bandungan Kabupaten Semarang . Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan kepada petani, agar usahatani bunga krisan di Kecamatan Bandungan dapat ditingkatkan maka Pemerintah Daerah dapat membuat kebijakan dengan lebih memperhatikan keberlanjutan dan kemajuan usahatani bunga krisan baik dari pengarahan, bantuan, pendampingan maupun pemasaran. Hal ini dikarenakan usahatani bunga krisan tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Para petani bunga krisan agar lebih bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menghasilkan produksi tanaman yang optimal. Melakukan penanaman bunga krisan dengan mengoptimalkan lahan, penggunaan bibit dan pupuk yang sesuai dengan cara penanaman bunga krisan. Petani bunga krisan di Kecamatan Bandungan dapat memperluas jaringan pemasaran ke daerah lain, sehingga permintaan bunga krisan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produksi Bunga Krisan, Luas lahan, Bibit, Pupuk, dan Tenaga Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:58
Last Modified: 09 Jun 2020 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36651

Actions (login required)

View Item View Item