Metode Pembelajaran Ansambel Musik Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Purwodadi.


Octa Vellyanto, 2501401076 (2006) Metode Pembelajaran Ansambel Musik Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Purwodadi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Metode Pembelajaran Ansambel Musik Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Purwodadi.]
Preview
PDF (Metode Pembelajaran Ansambel Musik Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Purwodadi.) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

SD Negeri 12 Purwodadi memberikan kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik sebagai salah satu kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas V. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian yang berjudul Metode Pembelajaran Ansambel Musik Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas V SD Negeri 12 Purwodadi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran ansambel musik ekstrakurikuler pada siswa kelas V SD Negeri 12 Purwodadi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran ansambel musik ekstrakurikuler di SD Negeri 12 Purwodadi. Manfaat penelitian ini adalah secara teoritik dan praktis Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, klasifikasi data, dan verifikasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangualasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ekstrakurikuler yang digunakan dalam pembelajaran ekstrakurikuler ansambel musik di kelas V SD Negeri 12 Purwodadi terdiri dari metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan drill( latihan). Dalam metode ceramah guru selalu memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari siswa. Dengan metode demonstrasi, guru mempraktikkan lagu “Hymne Guru” menggunakan pianika dan recorder. Dalam metode tanya jawab, guru memberikan pertanyaan tentang materi pelajaran ansambel. Dalam metode drill (latihan), guru memberikan tugas agar murid rajin berlatih. Setelah itu, guru mengadakan evaluasi untuk mengetahui perkembangan siswa dilihat dari kerajinan membawa perlengkapan alat musik dan keterampilan siswa dalam bermain ansambel musik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan kajian tentang metode pembelajaran ekstrakurikuler ansambel musik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan mempertinggi interaksi belajar mengajar. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru, siswa dan sekolah untuk menerapkan metode pembelajaran ekstrakurikuler ansambel musik di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 05:43
Last Modified: 23 Aug 2011 05:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item