EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUBSIDI PUPUK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI di KABUPATEN DEMAK


Naela Safitri , 7111412110 (2018) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUBSIDI PUPUK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI di KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUBSIDI PUPUK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI di KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUBSIDI PUPUK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI di KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Demak memiliki luas lahan sawah yang mencapai luas 50.915 ha 56,96 persen dari lahan yang ada dan komoditi terbesar dikabupaten Demak adalah padi,sebagian besar kontribusi PDRB kabupaten demak di peroleh dari sektor pertanian yaitu sebesar 24,16% .Oleh karena itu, sektor pertanian harus mendapatkan prioritas karena pertanian juga memberikan kontribusi untuk ketahanan pangan terutama padi,Demak masuk dalam 3 besar Kabupaten/ kota penghasil padi terbesar di Jawa Tengah. Berbagai langkah yang ditempuh oleh pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pangan seperti subsidi input produksi, dan pembenahan kelembagaan pangan. Salah satu kebijakan-kebijakan subsidi input produksi tersebut adalah kebijakan subsidi pupuk. Pada tahun 2011-2016 produksi padi kabupaten Demak mengalami fluktuasi atau naik turun, bahkan pada tahun 2014 produksi padi mengalami penurunan yang sangat signifikan walaupun subsidi pupuk pada tahun itu mengalami peningkatan. Hal ini mengindikasikan adanya pertanyaan terhadap tingkat efektivitas kebijakan subsidi pupuk terhadap produktivitas hasil panen Padi di Kabupaten Demak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kebijakan subsidi pupuk dalam upaya peningkatan produktivitas padi di Kabupaten Demak. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 keyperson yang terdiri dari 10 Petani/Kelompok Tani,10 Penyuluh Pertanian,dan 10 Pengecer/Distributor pupuk resmi di Kabupaten Demak.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif Penelitian ini diperoleh hasil dari interview guide bahwa kebijakan subsidi pupuk sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan-aturan yang dan sudah efektif,tetapi perbaikan harus terus dilakukan agar penyelewengan dan kekurangan pupuk tidak terjadi lagi sehingga petani dapat memaksimalkan produksi padi mereka. Adapun saran dari penelitian ini antara lain kerjasama antara pihak yang berkepentingan dalam melakukan pengawasan dalam pendistribusian pupuk,dan memberikan sarana dan prasarana untuk membimbing/memberikan pengetahuan kepada petani tentang pupuk subsidi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diskriptif Kualitatif; upaya Peningkatan Produktifitas Padi,Efektivitas,Kebijakan Subsidi pupuk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:47
Last Modified: 09 Jun 2020 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item