ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA DI JALAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Faisal Dahlan , 7111412081 (2019) ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA DI JALAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA DI JALAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN LOKASI USAHA JASA DI JALAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (819kB) | Preview

Abstract

Dalam menjalankan usaha atau bisinis, ada terdapat banyak faktor yang harus di perhatikan oleh pengusaha jasa. Faktor penting yang harus diperhatikan oleh pengusaha ialah lokasi atau tempat mereka untuk menjalankan bisnisnya. Pemilihan lokasi usaha jasa UNNES kebanyakan hanya berpusat di sekitar jl. Taman siswa, sehingga hal ini menyebabkan adanya persaingan yang sangat kompetitif dan sering menimbulkan kemacetan dilokasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dan yang pengaruhnya paling besar terhadap pemilihan lokasi pada usaha jasa disekitar jalan kampus Universitas Negeri Semarang.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu Akses, Visibilitas, Tempat Parkir, Lingkungan, Persaingan, Pemilihan Lokasi Usaha. Data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi langsung, dan dengan memberikan kuesioner kepada para pemilik usaha jasa yang berada di sekitar jalan kampus Universitas Negeri Semarang. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling, dalam penelelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 60 lokasi usaha jasa, antara lain usaha jasa laundry, fotocopy, bengkel & cuci motor, warnet dan game, jahit, servis laptop & hp, salon & potong rambut, studio foto, sol sepatu dan kost. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses, visibilitas,dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan lokasi usaha. Sedangkan untuk variabel tempat parkir memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pemilihan lokasi usaha. Adapun untuk variabel persaingan memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap pemilihan lokasi usaha jasa disekitar jalan kampus Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian ini juga menunjukan nilai Adjusted R2 sebesar 36,5 %. Hasil uji F menunjukkan pada usaha yang berada disekitar jalan kampus Universitas Negeri Semarang, variabel independen secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Dari kelima variabel independen visibilitas merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Oleh karena itu, dalam pemilihan lokasi usahanya pemilik usaha sebaiknya lebih memperhatikan pada faktor yang mudah dijangkau oleh konsumen dalam memperoleh lokasi usahanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akses, Visibilitas, Tempat Parkir, Lingkungan, Persaingan, Pemilihan Lokasi Usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:36
Last Modified: 09 Jun 2020 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36643

Actions (login required)

View Item View Item