PERSEPSI DAN PERILAKU BIDAN TERHADAP STIMULASI, DETEKSI, DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG DI PUSKESMAS WERGU WETAN KABUPATEN KUDUS


SETYO ARINI DYAH PRASASTI , 0613516035 (2020) PERSEPSI DAN PERILAKU BIDAN TERHADAP STIMULASI, DETEKSI, DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG DI PUSKESMAS WERGU WETAN KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_SETYO_ARINI_DYAH_PRASASTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prasasti., S., A., D. 2019. “Persepsi dan Perilaku Bidan Terhadap Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang di Puskesmas Wergu Wetan Kudus”. Tesis. Program Studi Kesehatan Masayarakat Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. dr. Yuni Wijayanti., M.Kes., Pembimbing II Dr. Asih Kuswardinah, M.Pd. Kata Kunci: persepsi, perilaku, bidan, SDIDTK Enam belas persen (26,7 juta) balita Indonesia mengalami gangguan perkembangan, baik perkembangan motorik halus dan kasar, gangguan pendengaran, kecerdasan kurang dan keterlambatan. Setiap 2 dari 1.000 bayi mengalami gangguan perkembangan motorik dan 3 bayi hingga 6 bayi dari 1.000 bayi mengalami gangguan pendengaran serta 1 dari 100 anak memiliki kecerdasan yang kurang dan kelambatan bicara yang kurang. Berdasarkan data balita di kota Kudus dari jumlah 70.845 yang mengalami keterlambatan pertumbuhan gizi buruk sebanyak 516 (0,87%) dan stunting 20 (0,02%). Pelaksanaan SDIDTK (stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang) dilakukan oleh tenaga kesehatan yaitu bidan sebagai ujung tombaknya. Tujuan penelitian untuk menganalisis persepsi dan perilaku Bidan terhadap SDIDTK di Puskesmas Wergu Wetan Kudus. Penelitian ini menggunakan media kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Ditemukan hasil dimana masih banyak bidan yang belum melakukan SDIDTK (Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang) sesuai pedoman dikarenakan kurangnya waktu dan SDM yang kurang dalam pelaksanaannya. SDIDTK sebagai salah satu program pembinaan tumbuh kembang anak yang sangat membutuhkan partisipasi dari semua pihak .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi, perilaku, bidan, SDIDTK
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 08 Jun 2020 15:40
Last Modified: 08 Jun 2020 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item