LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN SCHOOLOGY


DEWI YANWARI MADYARATRI, 0401517053 (2020) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN SCHOOLOGY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DEWI_YANWARI_MADYARATRI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Madyaratri, Dewi Yanwari. 2020. “Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Model Discovery Learning Berpendekatan Realistik Berbantuan Schoology”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wardono, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Kartono, M.Si. Kata Kunci: literasi matematika, gaya belajar, discovery learning, realistik, schoology Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kualitas pembelajaran model discovery learning dengan pendekatan realistik berbantuan schoology, dan (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran discovery learning dengan pendekatan realistik berbantuan schoology. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods model sequential explanatory. Pembelajaran discovery learning – realistik berbantuan schoology merupakan pembelajaran yang menggabungkan model discovery learning dengan pendekatan RME dan menggunakan schoology. Adapun sintaksnya yaitu siswa diberikan masalah realistik, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengolah data menggunakan schoology, mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan menarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bae. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII H SMP N 1 Bae. Kualitas pembelajaran discovery learning berpendekatan realistik berbantuan schoology dilihat dari tahap validitas, kepraktisan dan efektivitas. Tahap validitas meliputi validasi perangkat pembelajaran dan instrumen tes kemampuan literasi matematika. Tahap kepraktisan dilihat dari pengamatan guru dan aktivitas siswa sedangkan tahap efektivitas meliputi uji ketuntasan rata-rata, proporsi, beda ratarata, beda proporsi dan peningkatan. Analisis data kualitatif yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan observasi aktivitas siswa berkategori baik. Tahap efektivitas diperoleh bahwa model discovery learning berpendekatan realistik berbantuan schoology telah mencapai kriteria ketuntasan minimal, proporsi ketuntasan klasikal, proporsi ketuntasan, rata-rata dan peningkatan lebih tinggi daripada pembelajaran problem based learning - saintifik. Kemampuan literasi matematika subjek diverger, assimilator, converger, dan accommodator ditemui siswa yang mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, model matematika, menyajikan gambar dan menggunakan simbol dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: literasi matematika, gaya belajar, discovery learning, realistik, schoology
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 08 Jun 2020 15:15
Last Modified: 08 Jun 2020 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36640

Actions (login required)

View Item View Item