PENGARUH MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR


FENIA AHADIA IRAWATI, 0103517081 (2020) PENGARUH MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FENIA_AHADIA_IRAWATI.pdf] PDF - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Irawati, Fenia Ahadia. 2019. Pengaruh Model Talking Stick Berbantu Media PowerpointTerhadap Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr Suwito Eko Purnomo, Pembimbing II Dr.Deni Setiawan. halaman. Kata Kunci: Talking Stick, Powerpoint, Kemandirian belajar, Kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan kemampuan berpikir kritis melalui model Talking Stick berbantu media powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalentcontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD daerah binaan 1 Gugus Sultan Agung tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sambung yang berjumlah 22 siswa kelas IV A dan 18 siswa kelas IV B. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggnakan teknik tes yang berupa soal uraian, serta teknik non tes menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan anlisis kuantitatif, uji gain score dan uji-t. Hasil perhitungan independent sample t_test menunjukkan bahwa thitung 35,136 untuk kemandirian belajar yang berarti bahwa thitung > ttabel dan hasil klasifikasi tingkat kemandirian siswa di kelas eksperimen sebesar 86% dalam kategori sangat baik. Perubahan hasil juga terjadi pada kemampuan berpikir kritis dengan hasil perhitungan independent sample t_test menunjukkan bahwa thitung 4.973yang berarti bahwa thitung > ttabel dan hasil ngain score kelas ekisperimen sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,35 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model Talking Stick berbantu media powerpoint.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Powerpoint, Kemandirian belajar, Kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 08 Jun 2020 14:42
Last Modified: 08 Jun 2020 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36639

Actions (login required)

View Item View Item