MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR


FITRIYA ROHMAH, 0103517107 (2020) MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FITRIYA_ROHMAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Fitriya. 2020. “Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Amin Yusuf, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Mobile Learning, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa sekolah dasar melalui model PBL berbantuan media Mobile Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah sisiwa kelas V SD daerah binaan 1 Kecamatan Pecangaan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Ngeling yang berjumlah 27 dan siswa kelas V SDN 3 Ngeling yang berjumlah 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang berupa soal pilihan ganda dan uraian, serta teknik non tes menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dengan uji gain score dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa menggunakan model PBL berbantuan media mobile learning. Terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 5% dengan N-Gain kelas eksperimen 0,67 dan kelas kontrol 0,39. Hasil Uji independent test menyatakan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol , ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 0,482 dengan taraf signifikansi 0,000. Perbedaan skor rata-rata yang signifikan juga terjadi pada pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 5% dengan N-Gain kelas eksperimen 0,61 dan kelas kontrol 0,19. Hasil Uji independent test menyatakan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol , ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 0,29 dengan taraf signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media mobile learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mobile Learning, critical thinking, concept understanding
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 08 Jun 2020 13:37
Last Modified: 08 Jun 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36635

Actions (login required)

View Item View Item