PENERAPAN TRAINER KIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG


Reistyani Mahessi Sanya , 5301412004 (2019) PENERAPAN TRAINER KIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN TRAINER KIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG]
Preview
PDF (PENERAPAN TRAINER KIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI AJAR SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 KANDEMAN BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi mengoperasikan mesin produksi dengan kendali PLC merupakan kompetensi yang wajib dikuasai oleh siswa SMK jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Di SMK N 1 Kandeman Batang, ada beberapa unit PLC yang disediakan sebagai media praktikum pada proses pembelajaran, namun unit PLC masih belum bisa digunakan sebagai media praktikum. Dengan tidak adanya media praktikum yang sesuai untuk mengaplikasikan teori tentang PLC yang diberikan oleh guru, maka proses pembelajaran menjadi tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan trainer dan jobsheet yang digunakan sebagai media pembelajaran dan Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang melaksanakan praktikum menggunakan trainer dan jobsheet untuk mata pelajaran sistem kendali elektronik dengan hasil belajar siswa yang tidak melaksanakan praktikum menggunakan trainer kit di Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1 Kandeman Batang. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental Design), digunakan bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping eksperimen, namun pemilah kedua kelompok tersebut tidak dengan teknik random. Model desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non-Equivalen Control Group Design, artinya bahwa kedua kelas akan diberikan pretest untuk mengukur kesebandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sedangkan posttest untuk mengukur hasil dari pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam pelaksanaan penelitian ini kedua kelas dikondisikan agar tidak saling berhubungan dengan diberlakukannya control group design. Hasil penelitian ini berupa trainer kit PLC mendapatkan nilai 88% dari ahli materi dan 81,6% dari ahli media yang dikategorikan “Sangat Layak”. Artinya, trainer kit PLC ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi ajar sistem kendali elektronik kompetensi dasar pelajaran mengoperasikan mesin produksi di SMK N 1 Kandeman Batang. Sedangkan analisis data hasil belajar siswa dari ranah kognitif, ranah psikomotorik dan ranah afektif pada kelas eksperimen sebesar 86,1% dan kelas kontrol sebesar 68,4%, dengan peningkatan hasil dari kelas kontrol dan kelas ekperimen sebesar 17,7%, maka hipotesis pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya penggunaan trainer kit PLC sebagai media pembelajaran pada kelas eksperimen dianggap efektif meningkatkan hasil belajar siswa tentang pemrograman PLC dengan hasil ≥ 75% dari keseluruhan siswa dalam tes ranah kognitif, ranah psikomotorik dan ranah afektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem kendali elektronik
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2020 17:24
Last Modified: 05 Jun 2020 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36623

Actions (login required)

View Item View Item