PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL


UMI ROUFATUZ ZAHRO', 0402517046 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_UMI_ROUFATUZ_ZAHRO'.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Zahro‘, Umi R. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Tema Pemanasan Global. Tesis. Prodi Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing utama : Dr. Woro Sumarni, M.Pd., dan Pembimbing pendamping : Dr. Suharto Linuwih, M.Pd. Memasuki abad ke-21, kemajuan sains dan teknologi di berbagai negara sudah semakin pesat. Pengukuran literasi sains sangat penting untuk mengetahui sejauh mana siswa telah literat. sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Penyusunan instrumen tes yang berbasis literasi sains merupakan salah satu upaya untuk mengukur kemampuan literasi siswa pada bidang IPA. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes literasi sains yang valid, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada tema pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut juga dengan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini adalah intrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid dan layak oleh pakar berupa 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Hasil validitas instrumen tes oleh ahli mendapat rerata persentase sebesar 79,99%. Hasil tanggapan siswa terkait kepraktisan instrumen tes berada pada kategori sangat praktis dengan rerata 87,5% dan tanggapan guru sebesar 94,23%. Keefektifan instrumen tes berada pada kategori efektif, karena dapat mengungkap atau menjenjangkan kemampuan literasi sains siswa ke dalam 3 kriteria, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains SMP pada tema pemanasan global.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Zahro‘, Umi R. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Tema Pemanasan Global. Tesis. Prodi Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing utama : Dr. Woro Sumarni, M.Pd., dan Pembimbing pendamping : Dr. Suharto Linuwih, M.Pd. Memasuki abad ke-21, kemajuan sains dan teknologi di berbagai negara sudah semakin pesat. Pengukuran literasi sains sangat penting untuk mengetahui sejauh mana siswa telah literat. sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Penyusunan instrumen tes yang berbasis literasi sains merupakan salah satu upaya untuk mengukur kemampuan literasi siswa pada bidang IPA. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes literasi sains yang valid, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada tema pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut juga dengan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini adalah intrumen tes berbasis literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid dan layak oleh pakar berupa 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Hasil validitas instrumen tes oleh ahli mendapat rerata persentase sebesar 79,99%. Hasil tanggapan siswa terkait kepraktisan instrumen tes berada pada kategori sangat praktis dengan rerata 87,5% dan tanggapan guru sebesar 94,23%. Keefektifan instrumen tes berada pada kategori efektif, karena dapat mengungkap atau menjenjangkan kemampuan literasi sains siswa ke dalam 3 kriteria, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains SMP pada tema pemanasan global.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Jun 2020 14:05
Last Modified: 04 Jun 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36590

Actions (login required)

View Item View Item