PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL
Hadiyah Retno Harini, 2501401040 (2006) PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (63kB) | Preview |
Abstract
Perbaikan kurikulum yang dilaksanakan di Indonesia ditandai dengan diberlakukannya sistem kurikulum baru, yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang pelaksanaannya sudah mulai diberlakukan secara berangsur-angsur tahun ajaran 2004-2005. Pelaksanaan kurikulum tersebut erat kaitannya dengan proses pembelajaran di sekolah. Demikian pula penerapan KBK dalam proses pembelajaran seni musik di SMPN 2 Balapulang, dalam tahun pertama pelaksanaannya. Permasalahan yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalah proses pembelajaran seni musik dengan KBK di SMPN 2 Balapulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni musik dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di SMPN 2 Balapulang kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2005/2006. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMPN 2 Balapulang kabupaten Tegal. Sasaran penelitian ini adalah proses pembelajaran seni musik dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan proses analisis data dimulai dengan menelaah data, reduksi data, menyusunnya dalam satuan-satuan, dan menyajikannya secara deskriptif kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat dijelaskan bahwa Proses pembelajaran seni musik dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di SMPN 2 Balapulang mencakup tiga kegiatan yaitu pertama. Perencanaan Pembelajaran dengan disusunnya perangkat pembelajaran oleh guru, kedua pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal/pembuka, kegiatan inti/pembentukan kompetensi, dan kegiatan akhir/penutup, ketiga yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan lisan, ulangan harian, mid semester, dan ujian praktek. Saran penulis, agar guru bisa melakukan perbaikan-perbaikan penyusunan perangkat pembelajaran untuk setiap pertemuan yang dilakukan, pemanfaatan sarana dan prasarana dengan maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran, dan pemberian tugas baik individu maupun kelompok berupa pembuatan kliping macam lagu daerah atau alat musik daerah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2011 04:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2011 04:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3658 |
Actions (login required)
View Item |