EKSTRAKSI DAN ENKAPSULASI MINYAK OMEGA-3 DARI DAUN KROKOT (Portulaca oleracea L.) MENGGUNAKAN PELARUT ALKOHOL FOOD GRADE 96%


Nurahmad Rifai, 5213414068 (2019) EKSTRAKSI DAN ENKAPSULASI MINYAK OMEGA-3 DARI DAUN KROKOT (Portulaca oleracea L.) MENGGUNAKAN PELARUT ALKOHOL FOOD GRADE 96%. Under Graduates thesis, UNNES.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krokot (Portulaca oleracea L.) dapat dimanfaatkan sebagai suplemen makanan karena kandungan asam alpha-linoleat (ALA) yang cukup tinggi. Penggunaan pelarut alkohol foodgrade 96% dalam berbagai varian jumlah pelarut dan waktu didapatkan hasil ekstrak omega-3 yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan variasi jumlah pelarut terbaik dalam ekstraksi organik tanaman krokot dengan simplisia daun kering. Ekstraksi maserasi dipilih karena biaya yang digunakan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan metode ekstraksi yang lain dan lebih mudah dalam perlakuannya. Ekstraksi paling optimal terjadi pada variasi jumlah pelarut 2 L dan waktu ekstraksi 30 hari dengan hasil filtrat 14,82 g lebih baik daripada menggunakan variasi pelarut 1 L dan 1,6 L yang menghasilkan massa filtrat 7,42 g dan 7,67 g untuk perbandingan variasi jumlah pelarut dan lebih baik daripada menggunakan variasi waktu 20 hari menghasilkan 9,389 g, sehingga variasi pelarut 2 L menggunakan pelarut alkohol foodgrade 96% adalah variasi pelarut yang paling optimal digunakan untuk ekstraksi organik tanaman krokot dan waktu ekstraksi yang paling optimal pada waktu 30 hari ekstraksi. Konsentrasi minyak omega-3 hasil ekstraksi menggunakan pelarut alkohol foodgrade 96% adalah 1.61 g omega-3/100g simplisia daun kering. Hasil enkapsulasi menggunakan metode plate driying dapat menjaga kualitas bahan inti dengan ditandai perubahan fase menjadi kristal pada waktu proses sehingga terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ekstraksi maserasi, tanaman krokot, konsentrasi omega-3, enkapsu -lasi.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2020 11:52
Last Modified: 17 Jan 2022 09:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36569

Actions (login required)

View Item View Item