ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR


Aldi Pressanggeni , 7101415379 (2019) ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR]
Preview
PDF (ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha Kecil Mikro (UKM) adalah usaha dengan skala kecil atau industri rumah tangga yang sebagian masih dikerjakan di rumah dengan alat yang sederhana atau tradisional, memperkerjakan sedikit orang dan berorentasi pada pasar lokal. Pemasaran merupakan kendala utama bagi usaha makanan dan minuman di Kecamatan Karanganyar karena pemasaran yang baik membuat perkembangan usaha menjadi baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis deskripsi dan pengaruh bauran pemasaran produk, harga, promosi dan distribusi terhadap perkembangan usaha makanan dan minuman di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan populasi penelitian adalah para pengusaha Usaha Makanan dan Minuman di Kecamatan Karanganyar Kabupaten penelitian ini yaitu 300 Usaha Makanan dan Karanganyar. Populasi Minuman. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proposional random sampling diperoleh sebanyak 75 Usaha Makanan dan Minuman di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh bauran pemasaran produk terhadap perkembangan usaha sebesar 36,12%, terdapat pengaruh bauran pemasaran harga terhadap perkembangan usaha sebesar 12,74%, terdapat pengaruh bauran pemasaran promosi terhadap perkembangan usaha sebesar 8,35%, terdapat pengaruh bauran pemasaran distribusi terhadap perkembangan usaha sebesar 13,69% dan terdapat pengaruh secara bersama-sama bauran pemasaran produk, harga, promosi dan distribusi terhadap perkembangan usaha sebesar 57,1%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diketahui yaitu bauran pemasaran produk,harga,promosi dan distribusi berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Makanan dan Minuman di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar dan pengaruh secara bersama-sama bauran pemasaran produk, harga, promosi dan distribusi terhadap perkembangan usaha secara positif dan signifikan. Saran yaitu diantaranya Pelaku usaha makanan dan minuman di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar perlu meningkatkan bauran pemasaran promosi terutama direct marketing dan bauran pemasaran produk indikator pemberian label sehingga penelitian terkait usaha makanan dan minuman ini menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Perkembangan Usaha, Usaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 15:46
Last Modified: 03 Jun 2020 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36544

Actions (login required)

View Item View Item