PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMODERASI PENGARUH GAYA HIDUP, KONSEP DIRI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Empiris pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kendal)


Ana Nailu Himatia , 7101415376 (2019) PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMODERASI PENGARUH GAYA HIDUP, KONSEP DIRI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Empiris pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kendal). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMODERASI PENGARUH GAYA HIDUP, KONSEP DIRI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Empiris pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kendal)]
Preview
PDF (PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMODERASI PENGARUH GAYA HIDUP, KONSEP DIRI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Empiris pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kendal)) - Published Version
Download (795kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif menjelaskan tentang perilaku yang cenderung ingin mengkonsumsi barang secara berlebihan dengan mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Perilaku konsumtif ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran literasi keuangan dalam memoderasi pengaruh gaya hidup, konsep diri, dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 144 siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kendal. Pengambilan ukuran sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Konsep diri tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Kelompok teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil analisis uji selisih mutlak menampilkan bahwa literasi keuangan mampu memperkuat pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Namun, tidak mampu memperkuat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Simpulan dari penelitian adalah gaya hidup dan kelompok teman sebaya terbukti mempengaruhi perilaku konsumtif. Literasi keuangan mampu memoderasi pengaruh konsep diri dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu diharapkan siswa dapat mengontrol pengeluarannya dan diharapkan siswa dapat membatasi keterikatan dengan kelompok teman sebayanya sehingga terhindar dari perilaku konsumtif. Selain itu siswa dapat diberikan edukasi keuangan sehingga siswa dapat mengatur pengeluaran kepentingan pribadi secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 15:34
Last Modified: 03 Jun 2020 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36542

Actions (login required)

View Item View Item