PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MOTIVASI KERJA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 DEMAK
Novia Ambarwati , 7101415372 (2019) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MOTIVASI KERJA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MOTIVASI KERJA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 1 DEMAK)
- Published Version
Download (969kB) | Preview |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan pendidikan formal yang membekali siswa dengan teori dan praktik untuk menunjang profesionalisme dalam menghadapi dunia kerja. Namun persaingan dengan tingkatan lulusan yang lebih tinggi membuat efikasi diri siswa rendah, untuk itu motivasi sangat diperlukan untuk membangun efikasi diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh prakerin, motivasi kerja dan self-efficacy terhadap kesiapan kerja, serta untuk menganalisis self-efficacy sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 453 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel sebanyak 124 siswa yang diambil dengan teknik Propotional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa dalam kriteria tinggi, prakerin dalam kriteria baik, motivasi kerja dalam kriteria tinggi, dan self-efficacy dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan prakerin berpengaruh terhadap self-efficacy sebesar (26,7%), motivasi kerja berpengaruh terhadap self-efficacy sebesar (17%), self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar (44,3%), pengaruh total prakerin melalui self-efficacy terhadap kesiapan kerja sebesar (13,99%) dan pengaruh total motivasi kerja melalui self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar (8,99%). Simpulan dari penelitian ini yaitu prakerin, motivasi kerja dan self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Demak, serta variabel self-efficacy mampu menjadi variabel intervening. Saran yang dapat di berikan adalah siswa hendaknya meningkatkan self-efficacy dan motivasi kerjanya agar nanti siap bersaing di dunia kerja, sekolah dan DU/DI melalui komunikasi, kerjasama, dan kemitraan dapat memberikan pengalaman bekerja sesuai dengan bidangnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Kerja Industri, Motivasi Kerja, Self-Efficacy, Kesiapan Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 14:39 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 14:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36535 |
Actions (login required)
View Item |