PENGARUH EFIKASI DIRI, PERHATIAN ORANG TUA, IKLIM KELAS, DAN KREATIVITAS MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG


Yunita Dwi Aryanti , 7101415361 (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI, PERHATIAN ORANG TUA, IKLIM KELAS, DAN KREATIVITAS MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI, PERHATIAN ORANG TUA, IKLIM KELAS, DAN KREATIVITAS MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI, PERHATIAN ORANG TUA, IKLIM KELAS, DAN KREATIVITAS MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG) - Published Version
Download (853kB) | Preview

Abstract

Motivasi Belajar dalam diri siswa mampu menggerakkan atau memacu agar timbul keinginan dan kemauan dalam meningkatkan prestasi belajar sehingga mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa motivasi belajar siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang masih kurang optimal. Untuk itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas dan kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas dan kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan administrasi perkantoran di SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 204 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 136 siswa yang diperoleh dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan bantuan IMB SPSS 21.0 for windows. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y = 4,704 + 0,251X1 + 0,156X2 + 0,156X3 + 0,244X4 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas, dan kreativitas mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Secara Simultan (R2) efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas dan kreativitas mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 41,8% dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas dan kreativitas mengajar secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Saran dari penelitian ini adalah (1)menanamkan keyakinan pada diri siswa bahwa mereka mampu melakukan segala hal; (2)ketika siswa membuat kesalahan orang tua jangan langsung memarahinya, ditanyakan dulu apa penyebabnya lalu berikanlah saran agar siswa tidak stress dan tidak mengurangi motivasi belajarnya; (3)pihak sekolah harus memberi ketegasan dan sanksi pada siswa yang terlambat agar merasa jera; (4) guru membuat variasi pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan; dan (5) bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat menambah variabel lain atau faktor lain terkait dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas, Kreativitas Mengajar, Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:35
Last Modified: 03 Jun 2020 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36532

Actions (login required)

View Item View Item