PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN ANGGOTA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) MEGAR KABUPATEN PURBALINGGA


Naelatun Ni’mah , 7101415359 (2019) PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN ANGGOTA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) MEGAR KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN ANGGOTA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) MEGAR KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN ANGGOTA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) MEGAR KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

KPRI Megar merupakan koperasi pegawai negeri yang beranggotakan guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Koperasi serba usaha yang dalam perkembangannya ditujukan untuk memelihara kepentingan dan memenuhi kebutuhan anggotanya. Usaha yang dikelola oleh KPRI Megar meliputi percetakan, pertokoan, penyewaan gedung, dan simpan pinjam. Pembentukan KPRI tersebut pada dasarnya untuk melayani kebutuhan anggotanya sehingga akan tercapai kepuasan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh citra terhadap partisipasi anggota, (2) pengaruh kepercayaan anggota terhadap partisipasi anggota, (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota, (4) pengaruh citra, kepercayaan anggota, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap partisipasi anggota. Penelitian ini menggunakan populasi berjumlah 217 anggota koperasi, yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 anggota koperasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif persentase dan analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan citra, kepercayaan anggota, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggota sebesar 81,7% dan sisanya sebesar 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial citra berpengaruh sebesar 20,52%, kepercayaan anggota berpengaruh sebesar 18,06%, dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 29,59% terhadap partisipasi anggota KPRI Megar Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara citra, kepercayaan anggota, dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota. Saran yang dapat diberikan bagi koperasi diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggotanya. Anggota koperasi diharapkan lebih meningkatkan citra dan kepercayaan dalam mengembangkan koperasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra, kepercayaan anggota, kualitas pelayanan, partisipasi anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:33
Last Modified: 03 Jun 2020 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36531

Actions (login required)

View Item View Item