PENGARUH KOMPETENSI KEPROFESIONALAN GURU, DISIPLIN KERJA, SARANA DAN PRASARANA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 PEMALANG


Tieka Prawoto , 7101415353 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPROFESIONALAN GURU, DISIPLIN KERJA, SARANA DAN PRASARANA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI KEPROFESIONALAN GURU, DISIPLIN KERJA, SARANA DAN PRASARANA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI KEPROFESIONALAN GURU, DISIPLIN KERJA, SARANA DAN PRASARANA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 PEMALANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk membentuk generasi unggul dan berdaya saing dalam era global. Dalam mencapai keberhasilan pendidikan diperlukan tenaga pendidik yang baik dalam kinerjanya. Kinerja akan meningkat dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari individu sendiri ataupun faktor lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi keprofesionalan, disiplin, sarana prasarana terhadap kinerja guru melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah seluruh guru sebanyak 107 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deksiptif dan analisis structural equation modelling atau SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi keprofesionalan guru terhadap kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh disiplin terhadap kinerja guru berpengaruh positif dan tidak signifikan, pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh motivasi terhadap kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh kompetensi keprofesionalan guru terhadap motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan, pengaruh disiplin terhadap motivasi berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh kompetensi keprofesinalan guru terhadap kinerja guru melalui motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan, pengaruh disiplin terhadap kinerja guru melalui motivasi berpengaruh positif dan signifikan, pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru melalui motivasi berpengaruh positif dan signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah disiplin tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi keprofesionalan guru, sarana prasarana dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru, kompetensi keprofesionalan tidak signifikan terhadap motivasi, disiplin dan sarana prasarana signifikan terhadap motivasi, motivasi berhasil memediasi disiplin dan sarana prasarana tetapi tidak dengan kompetensi keprofesionalan guru. Saran yang diberikan untuk penelitian ini meningkatkan kegiatan pendidikan dan pelatihan kependidikan , ketegasan, pemberian reward, dan pemenuhan sarana prasarana sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Keprofesionalan, Disiplin, Sarana Prasarana Sekolah, Motivasi, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:31
Last Modified: 03 Jun 2020 14:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36530

Actions (login required)

View Item View Item