KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR TEMPAT PEREKAMAN DATA KEPENDUDUKAN (TPDK) DISDUKCAPIL KECAMATAN GUNUNGPATI


Amelia Diah Agustina , 7101415338 (2019) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR TEMPAT PEREKAMAN DATA KEPENDUDUKAN (TPDK) DISDUKCAPIL KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR TEMPAT PEREKAMAN DATA KEPENDUDUKAN (TPDK) DISDUKCAPIL KECAMATAN GUNUNGPATI]
Preview
PDF (KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR TEMPAT PEREKAMAN DATA KEPENDUDUKAN (TPDK) DISDUKCAPIL KECAMATAN GUNUNGPATI) - Published Version
Download (873kB) | Preview

Abstract

Pelayanan merupakan pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh penyelenggara sesuai dengan aturan pokok layanan. Kendala dalam kegiatan pelayanan publik di Kantor Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Disdukcapil Kecamatan Gunungpati seperti, belum adanya prosedur pelayanan yang jelas, jaringan internet belum maksimal, belum adanya mesin pencetak E-KTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di Kantor Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Disdukcapil Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang bertujuan menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang koordinator pelayanan umum sebagai informan kunci, 1 orang pegawai pelayanan dan 6 orang masyarakat pengguna jasa pelayanan sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan publik di Kantor Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Disdukcapil Kecamatan Gunungpati masih rendah, disebabkan oleh beberapa indikator yang ada dalam dimensi Tangibel, Realiability, dan Responsiviness belum diterapkan sesuai dengan standar pelayanan. Kendala pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Disdukcapil Kecamatan Gunungpati, yaitu kurangnya koordinasi dengan pemerintah desa, belum adanya prosedur pelayanan yang jelas, jaringan internet belum maksimal, belum adanya papan informasi terkait prosedur pelayanan, belum terdapat kotak saran, belum adanya mesin pencetak E-KTP. Upaya yang telah dilakukan, dilakukan kegiatan briefing dan evaluasi disela-sela jam kerja Kesimpulan, penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan di Kantor Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Disdukcapil Kecamatan Gunungpati belum berjalan dengan maksimal karena masih terdapat beberapa kendala dan keluhan dari pengguna layanan mengenai kegiatan pelayanan yang berlangsung. Saran yang diberikan yaitu diadakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai prosedur melakukan pelayanan,pemasangan papan informasi prosedur pelayanan. Diadakan evaluasi antar koordinator pelayanan umum dengan pegawai pelayanan serta operator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:28
Last Modified: 03 Jun 2020 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36528

Actions (login required)

View Item View Item